Gas Elpiji 3 Kg Langka, Pj Wali Kota Minta Pengecer Tidak Permainkan Harga - Bima News

Kamis, 21 Maret 2024

Gas Elpiji 3 Kg Langka, Pj Wali Kota Minta Pengecer Tidak Permainkan Harga

Pj
Pj. Wali Kota Bima, H Mohammad Rum
 

bimanews.id-Menyikapi kelanggaan gas LPG 3 Kg, pemerintah Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Fokopimda di ruang rapat Wali Kota Bima, Kamis (21/3). Rakor dipimpin Pj. Wali Kota H. Mohammad Rum membahas secara khusus tentang kelangkaan gas LPG 3 Kg.

Pj. Wali Kota Bima HM Rum mengatakan, kelangkaan gas elpiji berimbas pada mahalnya harga, hal itulah yang dikeluhkan masyarakat belakangan ini.

Di Kota Bima terdapat 348 pangkalan dengan 2 agen. Mayoritas pangkalan bertumpu di wilayah barat. Untuk menyiasati agar wilayah lain terpenuhi, dinas teknis diminta segera aktifkan warung TPID di tiap kecamatan,  bekerjasama dengan Pertamina untuk melayani permintaan masyarakat.

‘’Saya juga mendapatkan laporan, banyak pengecer yang memanfaatkan situasi dan keadaan ini dengan menjual dan memainkan harga melebihi harga satuan yang telah ditetapkan,’’ terangnya.

Karena itu, perlu ada regulasi yang mengaturnya melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang tata niaga LPG.

"Saya minta para agen sementara waktu tidak melayani permintaan gas elpiji, sembari kita siapkan Perwali. Pangkalan tidak boleh menjual ke pengecer sambil menunggu Perwali," harapnya.

Diakhir arahannya, Pj. Wali Kota Bima berharap semua pihak, terutama pengecer nakal agar tidak memanfaatkan situasi ini sehingga menciptakan instabilitas daerah.

Rakor tersebut juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Raba Bima, Ketua Pengadilan Negeri Bima, TNI, Polri, Asisten 1 Setda Kota Bima, Kepala Diskoperindag Kota Bima, Kabag Ekonomi, PT. Pertamina Bima serta agen penyalur. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda