Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Pj Wali Kota Sambangi Kementerian ATR RI - Bima News

Rabu, 07 Februari 2024

Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Pj Wali Kota Sambangi Kementerian ATR RI

Pj
Pj Wali Kota Bima H Mohammad Rum saat menghadiri permohonan fasiltasi bersama kemeterian ATR di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (6/2).
 

bimanews.id-Penjabat Wali Kota Bima, H Mohammad Rum menghadiri acara permohonan fasilitasi percepatan lintas sektor revisi RTRW Kota Bima tahun 2023-2024 bersama Kementerian ATR-BPN RI.

H. Mohammad Rum hadir didampingi Kepala Dinas DPMPT-SP Kota Bima, Sekretaris Dinas PUPR Kota Bima, Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Kota Bima, Bappeda Kota Bima. Sementara dari kementerian ATR-BPN  Kasubdit Perencanaan Tata Ruang Provinsi dan Kota Wilayah II bersama tim.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Nomor 1 Tahun 2018, penataan ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Perencanaan tata ruang wilayah memiliki  sejumlah fungsi,  sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Acuan dalam pemanfaatan ruang dan pengembangan wilayah kota.  Acuan untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan dalam wilayah kota. Acuan lokasi investasi dalam wilayah kota yang dilakukan pemerintah, masyarakat, dan swasta.

Pedoman untuk penyusunan rencana rinci tata ruang di wilayah kota. Dasar pengendalian pemanfaatan ruang dalam penataan atau pengembangan wilayah kota yang meliputi, penetapan peraturan zonasi, perizinan, pemberian insentif dan disinsentif, serta pengenaan sanksi serta acuan dalam administrasi pertanahan.

H Mohammad Rum mengatakan, pertemuan tersebut begitu penting, sebagai upaya meningkatkan pembangunan ekonomi di Kota Bima. Dengan merevisi RTRW Kota Bima tahun 2023-2024.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kementerian ATR RI yang begitu sigap atas upaya revisi RTRW Kota Bima melalui permohonan Pemkot Bima tentang fasilitasi percepatan lintas sektor revisi RTRW Kota Bima tahun 2023-2024," kata H Mohammad Rum saat menghadiri acara bersama kementerian ATR, di Hotel Mercure, Jakarta, Selasa (6/2).

HM Rum berharap kepada tim percepatan revisi RTRW dari kementerian ATR BPN  bisa segera diselesaikan. Mengingat dinamika ekonomi dan pembangunan di Kota Bima cukup tinggi.

‘’Langkah ini akan berdampak langsung terhadap iklim investasi di Kota Bima semakin meningkat,’’ katanya.

Revisi RTRW yang dilaksanakan oleh Kementrian ATR/BPN RI tersebut mengundang Pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kota Balik Papan Provinsi Kalimantan Timur. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda