Silaturrahim Dengan PWI Bima, Bupati KSB Cerita Tentang Wartawan Tidak Paham Kode Etik - Bima News

Jumat, 09 Februari 2024

Silaturrahim Dengan PWI Bima, Bupati KSB Cerita Tentang Wartawan Tidak Paham Kode Etik

Bupati
Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), HW Musyafirin  (tengah) saat silaturrahmi dengan PWI Kabupaten Bima, PWI Kota Bima dan PWI KSB di Surf Cafe, Kamis malam (8/2)
 

bimanews.id-Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), HW Musyafirin mengatakan, masih banyak wartawan yang belum memahami kode etik dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“Ada kejadian, wartawan menulis berita padahal sudah dibilang off the record. Bahkan kalimat off the record ditulis juga di berita,” kata Musyafirin saat silaturahmi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bima, PWI Kota Bima dan PWI KSB di Cafe Surf, Kota Bima, Kamis malam (8/2). 

Berita media itu  katanya, masih membekas diingatan dan sangat disayangkan. Kejadian itu  ceritanya, saat Pemda KSB diwawancara soal persiapan pembangunan Bandara Sekongkang beberapa waktu lalu. Pada momen itu, ada beberapa poin yang tidak untuk dipublikasikan. 

Setelah berita itu muncul, situasi di masyarakat area pembangunan bandara langsung berubah. Sebagian warga yang lahannya terkena lokasi pembangunan bandara, menolak untuk  dibebaskan.

“Kita mau somasi malah menguntungkan dia (oknum wartawan), karena pasti viral. Ya udah, diamkan aja,” kata bupati yang dikenal dekat dengan wartawan ini.

Bupati KSB mengaku banyak berteman dengan wartawan. Terutama para jurnalis yang paham tentang kode etik dan sudah tergabung di organisasi terverifikasi dewan pers.

“Teman-teman  PWI yang paling saya suka. Karena mereka paham tentang kode etik jurnalistik,” katanya. (red) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda