Sejumlah Kelurahan Di Kota Bima Terendam Banjir - Bima News

Jumat, 09 Februari 2024

Sejumlah Kelurahan Di Kota Bima Terendam Banjir

banjir
Banjir yang menggenangi sejumlah kelurahan di Kota Bima, Kamis Sore (8/2)
 

bimanews.id-Ratusan rumah warga di sejumlah kelurahan di Kota Bima direndam banjir Kamis malam (8/2/). Banjir terjadi akibat luapan air dari Sungai Padolo  karen tingginya intensitas hujan dengan ketinggian sekitar 30 cm.

Kepala BPBD Kota Bima, Gufran mengatakan, luapan banjir  menggenangi tiga kelurahan di Kecamatan Rasanae Barat, yakni Kelurahan Paruga, Pane dan Dara. Kemudian Kelurahan Manggemaci, Kecamatan Mpunda.

‘’Banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan di wilayah Kota Bima maupun di wilayah Kecamatan Wawo. Sehingga terjadi luapan air dari Sungai Padolo,’’ sebutnya.

Banjir terparah  kata Gufran, terjadi di Lingkungan Sigi, Kelurahan Paruga. Sebanyak 264 kepala keluarga (KK) terdampak. Masing-masing 80 KK di RT 08, 98 KK di RT 09 dan 86 KK di RT 10.

"Sejumlah kendaraan warga dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi," katanya.

Di Kelurahan Manggemaci kata Gufran, banjir merendam puluhan rumah di dua RT. Di Kelurahan Pane terdapat 6 rumah warga terendam dan puluhan rumah di Kelurahan Dara.

"Tiga kelurahan ini dibutuhkan masing-masing pintu air, untuk mengantisipasi terjadinya genangan," kata Gufran usai pantau banjir.

Banjir baru surut sekitar pukul 21.00 Wita. Sementara kerugian masih didata.

Fatmawati, warga Kelurahan Manggemaci yang setiap tahun kerap kena banjir mengaku, sampat mengemasi barang-barang miliknya karena khawatir banjir.  Syukurnya, banjir tidak sampai masuk di rumahnya.

‘’Aduh capek sekali, kita sudah kemasi barang-barang karena takut banjir,’’ akunya.   (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda