Pemkot Sediakan Layanan Konseling dan Bantuan Hukum Terhadap Perempuan dan Anak - Bima News

Kamis, 22 Februari 2024

Pemkot Sediakan Layanan Konseling dan Bantuan Hukum Terhadap Perempuan dan Anak

sosialisasi
Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum membuka sosialisasi dan advokasi program kelurahan ramah perempuan dan peduli anak, Kamis (22/2)


bimanews.id-Pemerintah Kota Bima memberikan perlindungan khusus terhadap perempuan dan anak. Itu ditandai dengan dibukanya program sosialisasi dan advokasi, Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak oleh Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum di aula Kantor Wali Kota Bima, Kamis (22/2).

Pj Wali Kota Bima H Mohammad Rum menegaskan, perlindungan hak-hak perempuan dan anak-anak sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan kota yang berkelanjutan dan beradab.

"Permasalahan perempuan dan anak ini menjadi salah satu bagian tugas konsentrasi saya selaku Penjabat Wali Kota Bima, diharapkan semua pemangku kepentingan untuk terlibat. Misalanya terkait  masalah stunting, kekerasan anak, pekerja anak, dan perkawinan anak dan lain-lain," ajaknya.

Program ini  jelasnya, untuk menciptakan kelurahan-kelurahan di Kota Bima yang ramah terhadap perempuan dan peduli terhadap anak-anak. Dalam praktiknya, program ini akan mengusung serangkaian kegiatan, antara lain sosialisasi dan penyuluhan.

Melalui sosialisasi dan penyuluhan yang intensif, masyarakat diberikan pemahaman tentang hak-hak perempuan dan anak-anak. Termasuk cara untuk mencegah dan menanggulangi berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi.

Pemerintah Kota Bima akan memberikan dukungan penuh kepada korban kekerasan dan diskriminasi. Menyediakan layanan konseling, bantuan hukum, dan akses ke lembaga-lembaga yang bergerak di bidang perlindungan perempuan dan anak.

‘’Program ini juga akan menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak.  Untuk meningkatkan kesadaran mereka akan hak-hak serta potensi yang dimiliki,’’ terangnya.

Diakui, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Seperti minimnya pemahaman tentang isu-isu perlindungan perempuan dan anak-anak serta keterbatasan sumber daya yang tersedia.

Kendati demikian, dengan komitmen yang kuat dan kerjasama berbagai pihak, Pj Wali Kota Bima yakin program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak akan mampu menciptakan dampak yang positif untuk jangka panjang.

"Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini menjadi upaya kita bersama untuk memperkuat sinergi dan membangun komitmen untuk percepatan kelurahan ramah perempuan dan peduli anak di Kota Bima. Sekaligus membangun pemahaman terutama bagi pemangku kepentingan sebagai pembangunan di kelurahan," tandas Rum

Program Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak ini menjadi tonggak penting dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan. Dengan komitmen yang kuat dari Pemerintah dan dukungan penuh dari masyarakat, harapan untuk masa depan yang lebih baik bagi perempuan dan anak-anak di Kota Bima semakin nyata.

Turut hadir pada sosialisasi itu, Kepala DP3AP2KB Provinsi NTB, Kepala Bappeda Kota Bima yang diwakili oleh Sekretaris, serta Kepala DPPPA Kota Bima. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda