Dinilai Banyak Ketimpangan, DPD RI Buka Posko Pengaduan Pemilu - Bima News

Selasa, 06 Februari 2024

Dinilai Banyak Ketimpangan, DPD RI Buka Posko Pengaduan Pemilu

Sukis
 

bimanews.id-Sekretariat DPD RI  membuka posko pengaduan pemilu di seluruh wilayah Indonesia, termasuk  di sekretariat DPD RI NTB. Pembukaan posko pengaduan ini karena melihat adanya ketimpangan dalam pelaksanaan pemilu 2024.

Apalagi belakangan ini, sejumlah kampus menyuarakan adanya  ketidaknetralan, pelanggaran etik seperti diperlihatkan presiden  dan jajaran pemerintahan lain.

‘’Kondisi ini berpotensi terjadi kecurangan  pada  pelaksanaan pemilu  tanggal 14 Februari mendatang,’’ terang anggota DPD RI Dapil NTB, Achmad Sukisman Azmi melalui pres rilisnya, Selasa (6/2).

Selain ini kata mantan Ketua PWI NTB ini, hasil pemilu rawan dimanipulasi. Karena prosesnya setelah penghitungan  suara dari TPS dibawa ke PPK untuk penghitungan ulang.

Bisa dibayangkan hasil pemilu yg  begitu banyak dan diakses secara bersamaan di seluruh wilayah Indonesia. Apalagi  ini pemilihan dengan 5 katagori,  yakni pemilihan presiden,  DPR RI,  DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota.

Karena itu dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mengawal pemilu, agar tidak terjadi kecurangan, manipulatif maupun intimidasi. Sehingga warga dapat melaksanakan hak pilihnya dengan bebas, sesuai hati nurani masing-masing.

‘’Jika ditemukan ada pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu agar dilaporkan pada pihak terkait, termasuk  bisa  pada pos pengaduaan DPD RI,’’ harapnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda