Kasus Demam Berdarah di Kota Bima 110 Warga Terjangkit, Dua Orang Meninggal Dunia - Bima News

Minggu, 23 Mei 2021

Kasus Demam Berdarah di Kota Bima 110 Warga Terjangkit, Dua Orang Meninggal Dunia

Syarifuddin S Sos
Syarifuddin S Sos
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Sejak Januari 2021, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima mencatat sebanyak 110 orang warga terjangkit penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD). Penyumbang terbanyak dari di Kecamatan Raba, sebanyak 36 orang, disusul Asakota 35 orang, Mpunda 21 orang dan Rasanae Barat 11 orang.

"Total warga terjangkit DBD pada empat kecamatan itu sebanyak 103 orang.  Tujuh orang sisanya tersebar di beberapa wilayah lain," jelas Kabid P3P Dikes Kota Bima, Syarifuddin S Sos, MPh.

Dari jumlah itu, sebanyak dua orang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Mereka merupakan warga Kelurahan Rite dan Raba Dompu.

Upaya pencegahan penyakit tersebut, Dikes intens melakukan fogging atau penyemprotan racun di setiap kelurahan. Hanya saja langkah itu tidak maksimal, karena tidak semua nyamuk terkena fogging.

Karena itu disarankan masyarakat untuk menerapkan pole 3 M (Menguras, Menunutup dan Menimbun). Rutin membersihkan wadah air yang terbuka.

"Misalnya bak mandi, dispenser termasuk ruang-ruang sempit,  seperti antara lemari dan dinding rumah," terangnya.

Jika tidak setiap hari, paling  tidak satu kali dalam 10 hari. Karena jentik nyamuk baru bisa terbang setelah 10 hari berada dalam wadah berisi air.

"Kalau kita rutin bersihkan wadah yang terbuka, InsyaAllah akan menekan angka warga yang diserang penyakit DBD," tandasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda