Efek Corona, Empat Pasangan di Lambu Tunda Menikah - Bima News

Rabu, 08 April 2020

Efek Corona, Empat Pasangan di Lambu Tunda Menikah

BIMA-Dampak virus corona,sejumlah Calon Pengantin (Catin) di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima memilihuntuk menunda hari bahagia mereka.

Dari data KUA Lambu, sebanyakempat Catin menunda jadwal pernikahan mereka demi mencegah penyebaran virusmematikan tersebut.

“Empat Catin inimendaftar sebelum 1 April. Mereka menunda karena ingin resepsi,” kataKepala KUA Lambu Abdul Haris SH pada Radar Tambora, Rabu (8/4).

Berdasarkan Surat EdaranKemenag RI jelas dia, mulai 1 April KUA tidak lagi menerima permohonan akadnikah untuk pendaftaran baru. Kebijakan itu berlaku di seluruh Indonesia hingga21 April.

Saat ini, pelaksanaan akadnikah hanya diperuntukkan bagi Catin yang mendaftar sebelum 1 April. “Bagimuda-mudi yang ingin daftar nikah sebelum 21 April, sabar dulu,” tuturHaris.

Sementara, Catin yangmendaftar sebelum 1 April yang  belummelangsungkan akad nikah masih tersisa satu pasangan. Rencananya, mereka akandiakadkan pada, Kamis (9/4) di KUA. “Sesuai aturan, tidak diperbolehkanmenggelar akad di luar KUA,” jelas Haris.

Prosesi akad juga kata dia,tidak seperti biasanya. Selain pembatasan tamu dari pihak keluarga yang hadir,mempelai juga diwajibkan memakai masker dan sarung tangan.

Bahkan, sebelum akad merekadiwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan. “Yangdiperbolehkan hadir maksimal 10 orang. Yakni, Catin, saksi dan wali,” sebutHaris. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda