Jembatan Jatibaru dan Sanggar Jadi Prioritas, Ditender Bulan Ini - Bima News

Selasa, 10 Januari 2023

Jembatan Jatibaru dan Sanggar Jadi Prioritas, Ditender Bulan Ini

 

Ridwansyah
Ridwan Syah

bimanews.id, Mataram-jembatan yang rusak akibat bencana alam mendapat prioritas dari Pemprov NTB untuk dikerjakan tahun ini. Yakni,  jembatan Jatibaru di Kota Bima, Jembatan Merah di Lombok Barat, dan Jembatan Sanggar di Kabupaten Bima. 

"Untuk tiga jembatan ini butuh anggaran sekitar Rp 15 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Bulan ini mulai ditender," ucap Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah, Senin (9/1).

Jembatan Jatibaru Kota Bima rusak parah akibat banjir bandang pada Desember 2021 lalu. Pemprov telah membuat jembatan darurat sebagai alternatif bagi warga untuk melintas.

Jembatan Merah di Lombok Barat juga mengalami nasib serupa. Badan jembatan turun akibat derasnya aliran sungai pada peristiwa banjir yang melanda wilayah Batulayar, Desember 2021. Sedangkan Jembatan Sanggar di Kabupaten Bima rusak parah akibat diterjang banjir pada Mei 2019 lalu. 

"Dana DAK yang kita terima itu totalnya Rp 30 miliar.  Rp 15 miliar yang kita bagi ke ketiga jembatan itu, selebihnya untuk pemeliharan jembatan-jembatan lain yang tersebar di wilayah NTB," jelasnya.

Selain prioritas perbaikan jembatan, lanjut Dae Iwan, Kementerian PUPR turut membantu air bersih dan cakupan irigasi. Termasuk, usulan kelanjutan pembangunan jembatan di Lewamori Bima. 

"Pak Gubernur sudah bahas ini dengan Pak Menteri PUPR saat kunjungan Presiden ke Bima, ya mudah-mudahan bisa segera ditangani karena Pemkab Bima sudah bebaskan lahan cukup lama dengan anggaran besar dari APBD," tutur Dae Iwan. 

Sementara untuk air bersih, kata dia, diusulkan adanya SPAM Regional untuk wilayah Lombok bagian selatan. Di mana, sumber airnya akan diambil dari wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah. 
"Ini kita terus dorong bersama Pak Gubernur dan kita harapkan biayanya dari pemerintah pusat. Kalau harapkan dari APBD tidak ada," tandasnya. (red) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda