Arus Balik, 35 Ribu Warga Tinggalkan Pelabuhan Bima - Bima News

Selasa, 10 Mei 2022

Arus Balik, 35 Ribu Warga Tinggalkan Pelabuhan Bima

Kapal
Kapal penumpang Awu saat bersandar di Pelabuhan Bima saat puncak mudik lebaran Idul Fitri pekan lalu.

BimaNews.id, KOTA BIMA- PT Pelni Cabang Bima mencatat sebanyak 35 ribu orang penumpang akan meninggalkan Pelabuhan Bima hingga H+15 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Berbeda dengan arus balik lebaran 2021 lalu, hanya sekitar 10 ribu penumpang. Bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat Covid-19.

Kepala Pelni Cabang Bima Puji Asmoro mengatakan, sebagian besar arus mudik telah diberangkatkan beberapa hari lalu. Dengan daerah mulai dari Sabang hingga Merauke Provinsi Papua.

Dari sekian daerah tujuan, penumpang paling banyak tujuan Makassar, Sulawesi Selatan. " Sebagian besar adalah mahasiswa asal Bima yang kuliah di sana," jelasnya, Selasa (10/5).

Disusul warga perantauan tujuan Pulau  Jawa, Papua dan sejumlah daerah lainnya. Mereka berlayar menggunakan lima kapal penumpang dan dua kapal perintis.

Yakni kapal penumpang Tilongkabila, Binaya, Leuser, Wilis dan Awu. Sedangkan Kapal Perintis Nusantara 66 dan Perintis Nusantara 84.

"Untuk kapal Pelni akan mengantar penumpang di pelabuhan dengan kapasitas memadai. Sementara perintis menyisir pelabuhan daerah terpencil," jelas Puji sapaan karib pria asal Banyuwangi ini.

Dari tujuh kapal pengangkut tersebut, kapasitas muatan mulai dari 1,5 ribu hingga 3 ribu penumpang.

"Kapasitas muatan kapal sudah diatur, tidak boleh lebih. Itu pelanggaran," tandasnya.  (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda