Bupati Akui Kerusakan Hutan di Kabupaten Bima Berkonstribusi Terhadap Banjir di Kota Bima - Bima News

Minggu, 30 Januari 2022

Bupati Akui Kerusakan Hutan di Kabupaten Bima Berkonstribusi Terhadap Banjir di Kota Bima

Pohon
Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri secara simbolis menyarahkan pohon kepada komunitas peduli lingkungan pada kegiatan penghijauan tingkat Kabupaten Bima di Lapangan Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Minggu (30/1)
  

BimaNews.id, BIMA-Menyadari pentingnya hutan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Bupati Bima Hj Indha Dhamayanti Putri SE bersama Forkopimda memulai kegiatan penghijauan di Kecamatan Ambalawi.

Kegiatan perdana untuk program penghijauan tingkat Kabupaten Bima dipusatkan di Lapangan Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima, Minggu (30/1).

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin S.S, MSi mengatakan, program penghijauan tingkat Kabupaten Bima dimulai dari Kecamatan Ambalawi. Selanjutnya akan dilaksanakan di kecamatan lain.

Bupati Hj Indah Dhamayanti Putri pada kesempatan itu kata dia menegaskan, penghijauan bukan sekadar menanam pohon. Tetapi memastikan pohon yang ditanam tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat.

Diminta pada seluruh elemen untuk mendukung program tersebut, sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga melestarikan hutan.

"Penanaman kembali di seluruh wilayah kabupaten Bima secara simbolis dimulai hari ini. Karena disadari beberapa kali bencana banjir yang bermuara di kota Bima ada kontribusi dari kerusakan hutan, salah satunya dari kecamatan Ambalawi," terangnya mengutip bupati.

Penghijauan di Kecamatan Ambalawi  juga dihadiri Dandim 1608/Bima Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, Sekda Drs. HM Taufik HAK, staf ahli,  asisten, pimpinan OPD dan sejummlah camat. Mereka  menanam 37 pohon Tabubuya di Lapangan Desa Nipa.

Bupati  sebut Yan panggilan akrabnya juga membagikan secara simbolis 1.000 pohon jenis Kemiri, srikaya, jambu mete dan mahoni pada pegiat lingkungan. Yakni kepada unsur TNI, Polri,  Kades, Pramuka dan Perguruan silat.

‘’Bupati menyampaikan terimakasih kepada komunitas peduli lingkungan, Perguruan Silat,  Pramuka, guru, siswa  dan seluruh elemen yang hadir pada kegiatan penghijauan tersebut,’’ sebutnya.

Mereka diharapkan  terus melakukan hal positif. Mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bima untuk melestarikan alam, menjaga lingkungan.

"Terimakasih juga disampaikan kepada aparat TNI dan Polri, telah banyak membantu menjaga lingkungan selama ini,’’ ujarnya.

Camat Ambalawi A. Muis S.Sos saat memberikan pengantar berharap,  penghijauan tingkat kabupaten Bima yang dipusatkan di Kecamatan Ambalawi ini bermanfaat bagi masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Untuk mendukung program tersebut, A. Muis mengaku, telah sosialisasikan pada masyarakat setempat. Termasuk katanya akan membagikan 25 pohon pada setiap warga, untuk ditanam di gunung dan pekarangan rumah. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda