Bima News

Rabu, 05 November 2025

PWI Luncurkan Anugerah Siwo Award 2025, Beri Penghargaan Pada Olahragawan Berprestasi

Siwo


bimanews.id-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (Siwo) meluncurkan Siwo Award 2025. Penghargaan yang diberikan kepada insan olahraga Indonesia yang berprestasi baik secara nasional maupun internasional. 

Penghargaan ini sempat absen selama setahun dan kembali akan digelar pada tahun depan bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2026 di Banten, 8 Februari mendatang. 

Peluncuran itu berlangsung di Sekretariat PWI Pusat, Jakarta, Selasa (4/11).Ketua Siwo Pusat Suryansyah mengataka,  Siwo Award dirancang untuk mengapresiasi prestasi olahraga Indonesia secara komprehensif melalui tiga kategori utama yang mencakup 15 penghargaan berbeda. 

Terdiri dari delapan kriteria utama yang berpatokan pada prestasi internasional tertinggi di Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan Kejuaraan Dunia. Lalu tiga penghargaan disabilitas, inklusivitas dan pengakuan setara terhadap prestasi atlet disabilitas.

"Khusus penghargaan disabilitas, guna benar-benar mencari atlet terbaik, Siwo akan bekerja sama dengan National Paralimpic Committe (NPC) agar bisa memberikan penghargaan ini kepada orang yang tepat," ujar Suryansyah. 

Ditambah empat penghargaan kehormatan. Ini diberikan sebagai apresiasi kepada pemangku kepentingan yang membangun ekosistem olahraga. 

"Untuk kriteria utama terdiri dari atlet putra dan putri terbaik, atlet favorit pilihan media yang menariknya ini baru pertama kali diberikan. Kemudian atlet harapan putra dan putri, pelatih terbaik, cabang olahraga terbaik, serta lifetime achievement yang diberikan kepada tokoh olahraga atau atlet legendaris, imbuh Suryansyah. 

"Sedang untuk penghargaan disabilitas, inklusi dalam prestasi ada tiga ketegori khusus yang diberikan untuk atlet terbaik putra dan putri, serta pelatih terbaik," tambahnya. 

Untuk penghargaan kehormatan, akan diberikan kepada Bupati/Walikota peduli olahraga, KONI Provinsi terdinamis, Gubernur peduli olahraga, serta darmabakti kejayaan olahraga.

Berbeda dari tahun-tahun penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini struktur penilaian akan diberikan kepada para profesional. Untuk Tim keabsahan akan merekrut wartawan Putra Permata Tegar Idaman (CNNIndonesia.com), mantan atlet Suryo Agung Wibowo, serta perwakilan KONI Pusat bidang data dan IT Kurniawan. 

"Sedangkan dewan juri akan diketuai oleh wartawan senior, Gungde Ariwangsa yang merupakan Pemimpin Redaksi Suara Karya, kemudian pengamat olahraga nasional M. Kusnaeni, dan Kabid Binpres KONI Pusat Gugun Yudinar," tukas Suryansyah. 

"Tim keabsahan akan mulai bekerja setelah pelaksanaan SEA Games 2025 Thailand pada 9-20 Desember berakhir. Tim ini akan menentukan nominasi yang terdiri dari lima atlet di masing-masing kategori yang kemudian akan diserahkan kepada tim juri," ucap Suryansyah lagi.

Tim juri ini nanti yang akan menentukan pemenangnya. Setelah ada pemenang, tim juri akan memberikan hasil penilaiannya kepada Ketua Siwo Pusat untuk kemudian di laporkan kepada Ketua Umum PWI. 

"Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) memiliki peran penting sebagai jembatan informasi antara atlet dan publik. Melalui pemberitaan yang intensif, Siwo tidak hanya mengabarkan prestasi tetapi juga menyebarkan inspirasi," ujar Ketua Umum PWI Pusat, Akhmad Munir. 

"Mempererat sinergi antara pers dan atlet, serta memberikan pengakuan yang layak atas dedikasi dan prestasi para atlet nasional, Siwo merasa perlu menyelenggarakan Malam Anugerah ini. Ini adalah apresiasi tertinggi insan pers olahraga kepada para "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Arena Juara" yang telah mengharumkan nama bangsa," ungkap Munir. 

"Dengan membaca bismillah, event Siwo Award kami luncurkan," imbuhnya lagi. (red) 

Selasa, 04 November 2025

Senin, 03 November 2025

Wali Kota Bima Ingatkan Potensi Banjir Jelang Musim Hujan

Rakor
Wali Kota  didampingi Wakil Wali Kota Bima memimpin Rakor jelamg musim hujan bersama seluruh pimpinan OPD, Camat dan Lurah, Senin (3/10) 

bimanews.id-Wali Kota HA. Rahman H. Abidin didampingi Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan Pemerintah Kota Bima di Aula Maja Labo Dahu Kantor Wali Kota,  Senin (03/11).

Rakor  awal November ini membahas persiapan dan kesiapsiagaan Pemerintah Kota Bima menghadapi musim penghujan dan risiko banjir atau bencana hidrologi. 

Wali Kota Bima mengingatkan camat dan lurah untuk terus mengedukasi masyarakat, untuk  menjaga kebersihan lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran air, sungai dan drainase.

"Masyarakat kita harap untuk meningkatkan kewaspadaan dini menghadapi peralihan musim. Terutama hindari tanah rawan longsor. Pengendara kendaraan bermotor agar tidak melintasi jalanan licin dan pohon besar yang rawan tumbang," pintanya.

Wali Kota Bima juga mengingatkan dinas teknis untuk mengoptimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah yang belum digarap secara optimal. Seperti, penyewaan lapangan untuk konser, pajak hiburan dan lain-lain.

"Saya bersama Pak Wakil tidak bisa kerja dan berpikir sendiri, amanah yang kami percayakan kepada saudara sekalian (kepala OPD) untuk melahirkan inovasi dan lebih kreatif dalam mengoptimalkan PAD kita, " anaknya.

Sementara Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan mengingatkan seluruh aparatur untuk meningkatkan disiplin dan semangat kerja. Terutama  tingkat kehadiran pada acara-acara penting, seperti sidang Paripurna DPRD dan MTQ.

"Jadilah pelayan masyarakat yang profesional, yang siap melayani dan mengabdi untuk masyarakat dan daerah," pesan Aba Feri sapaan akrab Wakil Wali Kota. (red) 

Sabtu, 01 November 2025

Jumat, 31 Oktober 2025

Indosat Ooredoo Tunjukkan Kinerja Stabil di Kuartal 3

Infosat


bimanews.id-PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison atau IOH; IDX: ISAT) hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal ketiga tahun 2025. Di tengah tantangan kondisi makro, Indosat berhasil mencatatkan kinerja yang tangguh dan pertumbuhan stabil pada sejumlah indikator keuangan utama, menegaskan fundamental bisnis yang kuat, eksekusi yang disiplin, serta strategi yang berfokus pada pelanggan.

Sepanjang kuartal ketiga tahun 2025, Indosat mencatat pendapatan sebesar Rp14,052 triliun, tumbuh 3,8% dibandingkan kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan di seluruh lini bisnis utama, yakni Seluler, Multimedia, Data Communications, Internet (MIDI), serta Telekomunikasi Tetap, yang masing-masing tumbuh sebesar 4,2%, 1,9%, dan 1,1% dibandingkan kuartal sebelumnya. Momentum positif juga tercermin pada Laba yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk yang dinormalisasi, meningkat 29,1% menjadi Rp1,32 triliun, sejalan dengan pertumbuhan EBITDA yang mencapai Rp6,49 triliun, naik 0,8% dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara kuartalan, Average Revenue Per User (ARPU) turut meningkat 3,6% menjadi sekitar Rp40 ribu, dengan 95 juta pelanggan seluler, menegaskan kualitas bisnis inti Indosat yang terus terjaga. 

Konsisten Jaga Performasi Tiga Kuartal Berturut-turut, Indosat Bali Nusra Catat Pertumbuhan Pelanggan dan Trafik Data di Kuartal III 2025

Sejalan dengan kinerja positif perusahaan secara nasional, Indosat Region Bali dan Nusa Tenggara (Bali Nusra) juga mencatatkan pertumbuhan yang menjanjikan pada kuartal III 2025. Hingga September 2025, jumlah pelanggan Indosat di wilayah ini meningkat sekitar 200.000 secara tahunan.

Seiring dengan pertumbuhan pelanggan tersebut, trafik data di Region Bali Nusra turut mengalami peningkatan signifikan hingga 10.70% (QoQ). Capaian ini menjadi bukti konsistensi Indosat dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas jaringan, demi menghadirkan marvelous experience bagi seluruh pelanggan. Sebagai wujud nyata dari komitmen tersebut, jumlah BTS 4G di wilayah Bali Nusra kini telah mencapai hampir 7.800 BTS.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Tantangan ekonomi mendorong kami untuk terus adaptif dan fokus pada hal yang paling penting, yakni pelanggan kami. Melalui transformasi berbasis AI, Indosat membuka perspektif baru dalam penciptaan nilai dan pengalaman digital. Dengan fondasi yang kuat, eksekusi yang disiplin, dan inovasi yang berorientasi pada tujuan, kami yakin dapat tumbuh secara berkelanjutan dan memberikan dampak nyata bagi perekonomian digital Indonesia.”

Mempercepat Transformasi berbasis AI

Sebagai bagian dari perjalanan transformasinya menuju perusahaan berbasis AI, Indosat senantiasa menghadirkan inovasi yang memberikan nilai nyata bagi pelanggan. Pada kuartal ketiga tahun ini, Indosat menegaskan langkah dengan meluncurkan Solusi Anti-Spam dan Anti-Scam yang dibangun di atas platform AIvolusi5G. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan keamanan digital, tetapi juga mendefinisikan ulang kualitas serta keamanan pada interaksi dengan pelanggan.

Lebih jauh lagi, sebagai salah satu penggerak utama transformasi digital Indonesia, pada Agustus 2025 Indosat bersama Cisco meresmikan Sovereign Security Operations Center (SOC) pertama di Indonesia. Inisiatif strategis ini bertujuan memperkuat ketahanan siber nasional sekaligus menjaga kedaulatan digital bangsa. Langkah ini menjadi kelanjutan dari keberhasilan Indonesia AI Center of Excellence, serta menandai babak baru dalam percepatan inovasi berbasis AI dan peningkatan ketangguhan digital di tingkat nasional.

Indosat juga terus berinvestasi untuk memperkuat kualitas dan ketahanan jaringan demi menghadirkan pengalaman digital yang lebih cerdas, aman, dan relevan bagi kebutuhan pelanggan. Hingga kuartal ketiga 2025, Indosat mengoperasikan lebih dari 208.000 BTS 4G, tumbuh 7,7% dibandingkan tahun sebelumnya, serta mempercepat pembangunan BTS 5G yang kini telah mencapai 1.404 titik. Perluasan jaringan ini menjadi tulang punggung misi Indosat dalam menghadirkan konektivitas digital yang lebih cepat, andal, dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Selaras dengan strategi investasi berkelanjutan, sekitar 79,5% dari total belanja modal dialokasikan untuk penguatan jaringan seluler guna mengimbangi peningkatan kebutuhan data yang terus tumbuh. 

Melalui eksekusi yang disiplin, inovasi yang berfokus pada pelanggan, serta strategi yang terarah, Indosat terus berada di jalur yang tepat menuju pertumbuhan berkelanjutan. Transformasinya menuju perusahaan berbasis AI, diperkuat cloud, serta berorientasi pada pelanggan menegaskan peran Indosat sebagai katalis utama dalam membentuk masa depan digital Indonesia.(red) 

Konsultan Tim Bank Dunia Beri Enam Catatan Perbaikan Terhadap Program NUFRep dan JICA

 

Rakor
Rapat koordinasi Pemerintah Kota Bima dengan Konsultan Tim Bank Dunia terhadap pelaksanaan program NURFReP dan JICA di Kota Bima. 

bimanews.id-Konsultan Team Bank Dunia memberikan enam catatan perbaikan terhadap pelaksanaan program NUFRep dan JICA di  Kota Bima. Catatan perbaikan itu disampaikan saat rapat koordinasi pemerintah Kota Bima dengan Tim Konsultan Tim Bank Dunia, dari hasil evaluasi dan monitoring sejumlah program pengendalian banjir perkotaan di Kota Bima, Kamis (30/10). 

Enam poin catatan perbaikan dari World Bank terhadap proyek drainase primer meliputi, jaringan drainase terintegrasi antara drainase sekunder dan primer belum dilengkapi penyaring sampah dari drainase sekunder ke drainase primer. Struktur permanen berupa akses jalan beton di atas badan saluran drainase primer.

Selain itu, adanya aktivitas warga yang mendirikan bangunan permanen di atas saluran drainase, sisa lahan di kawasan Kelurahan Penatoi yang bersertifikat hingga ke badan jalan. Belum adanya pembangunan pengelolaan limbah pabrik tahu di area terdampak. Termasuk soal lahan warga terdampak program yang meminta percepatan penyelesaian sertifikat tanah.

Terhadap enam catatan itu, Pj Sekda Kota Bima, Hj. Mariamah menyampaikan, hasil evaluasi dan monitoring akan segera  ditindaklanjuti oleh dinas teknis, terutama dinas PUPR, Dinas Perkimtan dan DLH.

“Catatan perbaikan ini menjadi perhatian khusus dari Pak Wali (Wali Kota Bima) yang harus diselesaikan dengan cepat di lapangan," ujar Hj Mariamah yang saat itu memimpin Rakor. 

Sejumlah catatan perbaikan teknis di lapangan yang perlu segera ditangani yaitu saringan sedimentasi dan sampah dari drainase sekunder ke drainase primer agar tidak terjadi penumpukan sampah di dalam saluran drainase primer, sehingga tidak terjadi penyumbatan saluran.

"Kemudian untuk limbah pabrik tahu milik warga di wilayah terdampak segera buatkan sumur resapan yang menampung limbah tahu agar tidak mencemari lingkungan," ujarnya.

Mariamah juga mengapresiasi pelaksana proyek yang merespon berbagai usulan dan masukan dari masyarakat mengenai kualitas material fisik beton yang dinilai tidak sesuai spesifikasi dan menggantinya dengan kualitas bagus.

Ia menegaskan, ini sebagai wujud komitmen pemerintah dan pelaksana dalam hal pengawasan dilapangan, agar output dari proyek ini betul-betul dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Konsultan Tim World Bank, Sri Sumandari, ST mengapresiasi langkah dan komitmen Pemkot Bima menindaklanjuti kendala-kendala teknis di lapangan sehingga program nasional ini terlaksana dengan baik.

Kata dia, secara keseluruhan progres tindak lanjut temuan di lapangan telah mencapai sekitar 40 persen.

Namun, ia menilai masih diperlukan perbaikan pada berbagai aspek pelaksanaan kegiatan.

"Sebagian besar sudah ditindaklanjuti, tetapi masih dibutuhkan penuntasan dan konsistensi dalam penerapan di lapangan,” pungkas Sri.(red) 

Kamis, 30 Oktober 2025

Tri Telah Hubungkan 95 Persen Masyarakat Lombok ke Dunia Digital dengan Produk Lebih Hemat, Sinyal Cepat

 

Indosat

bimanews.id- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Tri terus mewujudkan komitmennya dalam memperkuat dan memperluas jangkauan jaringan di seluruh Indonesia, termasuk di Lombok dan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Langkah ini tidak hanya difokuskan untuk meningkatkan kualitas dan mempercepat akses jaringan, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat lokal, terutama generasi muda, agar dapat tumbuh dan berdaya melalui dunia digital.

Nusa Tenggara Barat, termasuk Lombok, memiliki potensi ekonomi yang kuat di sektor pariwisata, pertanian, perikanan, dan industri kreatif yang kini mulai bertransformasi ke ranah digital. Terlebih, seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan infrastruktur digital, masyarakat lokal, terutama generasi muda, semakin aktif mengembangkan usaha kreatif dan UMKM berbasis online. 

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB (2024), UMKM tertinggi tercatat di Kabupaten Lombok Timur (21%), diikuti oleh Kabupaten Lombok Barat (16%) dan Kabupaten Lombok Tengah (14%) dengan mayoritas bergerak di sektor kuliner, fesyen, dan kerajinan lokal. 

Sejalan dengan semangat tersebut, generasi muda di NTB kini menjadi motor penggerak transformasi digital daerah. Tercatat pada tahun 2025, 70% masyarakat di Nusa Tenggara Barat telah aktif menggunakan internet untuk kegiatan produktif seperti konten digital, mobile gaming, dan pendidikan online. Aktivitas ini mencerminkan semangat mereka yang adaptif dan inovatif dalam membuka peluang di era digital.

⁠Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Tri terus berkomitmen untuk memberdayakan anak muda di Lombok dan wilayah Nusa Tenggara Barat melalui pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan sebagai bagian dari upaya memberikan akses digital hingga ke pelosok. 

Dengan perluasan jaringan dan penguatan distribusi yang berkelanjutan, kami berharap pertumbuhan infrastruktur ini dapat terus mendorong perkembangan UMKM, mempercepat proses digitalisasi, serta membuka lebih banyak peluang ekonomi bagi masyarakat lokal. Saat ini, jaringan Tri telah menjangkau hingga 90% populasi Nusa Tenggara Barat, termasuk 95% di Lombok dan 100% di Kota Mataram, menghadirkan akses digital yang cepat dan stabil untuk mendukung kebutuhan komunikasi dan aktivitas kreatif masyarakat.

Dalam upaya menghadirkan jaringan terbaik bagi masyarakat, Tri terus memperluas pembangunan infrastruktur BTS di Bali dan Nusa Tenggara. Hingga saat ini, Tri mengoperasikan sebanyak lebih dari 7.600 BTS yang tersebar di seluruh Bali dan Nusa Tenggara, menjangkau lebih dari 480 kecamatan dan 5.100 desa. 

Tri memastikan masyarakat di seluruh wilayah hingga ke pelosok, dapat menikmati pengalaman digital terbaik melalui perluasan jaringan dan kanal distribusi produk yang menjangkau luas. Untuk memperkuat ekosistem ini, Tri menghadirkan lebih dari 70 3Kiosk sebagai wadah pemberdayaan wirausaha muda lokal di Bali dan Nusa Tenggara, yang membuka peluang bagi putra-putri daerah menjadi mitra distribusi resmi produk Tri. 

Hadirnya 3Kiosk di berbagai daerah di Lombok berperan sebagai pusat distribusi sekaligus sarana peningkatan literasi digital, kemandirian ekonomi, dan kewirausahaan berbasis teknologi. Hal ini sejalan dengan komitmen Tri dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berdaya di seluruh Indonesia.

“Berawal dari pengalaman pribadi sebagai pelanggan Tri, saya melihat peluang untuk berkontribusi lebih luas melalui 3Kiosk. Sejak bergabung pada tahun 2023, dan menjadi pemilik 3Kiosk pertama yang beroperasi di Nusa Tenggara Barat. Saya ingin membantu masyarakat sekitar agar tetap terhubung dengan akses internet yang mudah dijangkau, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar,” ucap Irfan Hamdani, Pemilik 3Kiosk Jerowaru Lombok Timur.

Selain itu, pelanggan tidak perlu khawatir kehilangan koneksi saat berada di lokasi ramai seperti destinasi wisata, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, stasiun, rumah sakit, maupun kawasan padat penduduk, karena sinyal Tri yang cepat, kuat, dan luas senantiasa siap mendukung aktivitas digital mereka hingga ke pelosok.

Jelajahi dunia digital tanpa batas dengan rangkaian produk Tri yang hemat, sinyal cepat, dan jaringan yang kini menjangkau hingga pelosok NTB. Nikmati berbagai pilihan. Isi Ulang Hemat Tri, seperti Happy 6GB seharga Rp10.000 dengan masa aktif 2 hari dan Happy 12GB (10GB + 2GB lokal) seharga Rp25.000 dengan masa aktif 7 hari. Untuk kebutuhan internet lebih besar, tersedia juga paket Pasti Untung 50GB seharga Rp80.000 dan Pasti Untung 65GB seharga Rp95.000, dengan masa aktif 30 hari. 

Setiap pelanggan yang melakukan isi ulang mulai Rp50.000, pelanggan berkesempatan memenangkan mobil BYD dengan mengumpulkan tiket undian BombasTri. 

Kini, seluruh produk Tri juga telah dilengkapi dengan fitur Tri AI: Anti Spam & Scam, solusi berbasis kecerdasan buatan yang dapat melindungi aktivitas digital pelanggan dari ancaman spam dan penipuan online. Dengan fitur ini, pelanggan di Nusa Tenggara Barat dapat menikmati pengalaman digital yang lebih aman, nyaman, dan terlindungi dari potensi penipuan digital.

Dapatkan berbagai produk Tri di aplikasi bima+, 3Kiosk, retailer resmi Tri, platform e-commerce, 3Store, atau USSD *888#. Untuk informasi lainnya terkait produk Tri, kunjungi situs resmi tri.co.id, dan ikuti media sosial @triindonesia dan @tri.jabanursa untuk mendapatkan informasi terkini. (red) 

Rabu, 29 Oktober 2025

Armada Damkar Kota Bima Bertambah, Dapat Bantuan Satu Unit dari Korea Selatan

 

A Rafik
A Rafik

bimanews.id-Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bima mendapatkan bantuan hibah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Korea Selatan. Bantuan itu akan diterima oleh Wali Kota Bima di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI awal November 2025 mendatang.

"Serah terima bantuan itu sekitar pekan pertama November oleh pak Wali Kota di Kemendagri," jelas Kepala Dinas Damkar Kota Bima, A Rafik, Selasa (28/10). 

Dengan  bantuan tersebut, jumlah armada Damkar Kota Bima bertambah menjadi 5 unit. Meski satu unit diantaranya terkendala, hanya berfungsi untuk mengangkut air.

"Hanya tiga armada yang berfungi maksimal, dengan kapasitas masing-masing  6 ribu liter, 4 ribu dan 3 ribu liter," ujar Rafik.

Berdasarkan luas wilayah, idealnya Damkar Kota Bima membutuhkan 6 unit armada dengan penambahan dua pos baru masing-masing di wilayah timur dan utara. 

"Sesuai aturan, respon time Damkar umumnya harus 15 menit setelah menerima laporan. Jika mengacu pada aturan tersebut,  maka kami hanya mampu menjangkau 31 kelurahan. 10 kelurahan sisanya tentu butuh pos baru untuk bisa memberikan penanganan lebih cepat," jelasnya.

Sejauh ini kata Rafik, Damkar sudah memberikan penanganan maksimal terhadap sejumlah peristiwa kebakaran di Kota Bima. Dukungan masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam menopang kerja damkar dalam menangani kebakaran.

"Kendala tetap ada, bahkan sering terjadi. Salah satunya kemacetan di lokasi akibat parkir sembarangan. Tentu hal itu menghambat laju mobil dan kerja petugas. Ada juga kebiasaan masyarakat yang mementingkan ambil video saat terjadi kebakaran, ketimbang menghubungi Damkar. Hal ini yang perlu kami sosialisasikan," pungkasnya. (red) 

Ad Placement

Kota Bima

Bima

Dompu