Pertama Ikut Lomba Langsung Sabet Medali Emas OSSN Tingkat Nasional 2024 - Bima News

Senin, 25 Maret 2024

Pertama Ikut Lomba Langsung Sabet Medali Emas OSSN Tingkat Nasional 2024

Habib
Umar Habib, siswa MAN 2 Kota Bima peraih medali emas OSSN tingkat nasional 2024
 

bimanews.id-Umar Habib, siswa MAN 2 Kota Bima berhasil menorehkan prestasi gemilang tingkat nasional. Remaja 16 tahun asal Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima ini berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN) tingkat Nasional tahun 2024.

Siswa kelas XI IPA 3 ini meraih medali emas OSSN  untuk mata pelajaran Fisika, padahal bersangkutan baru pertama kali ikut lomba.

Perolehan medali diumumkan lewat link siantech.id yang dibagikan melalui Instagram. Dari lima nama peraih medali emas OSSN mata pelajaran Fisika, Habib  berada pada posisi teratas. Sementara empat nama lain yakni, Natasya Delia Arifin SMA 1 Kejuruan Muda, Nurul Afidah dari MAN 1 Padang Lawas, Sriana Bancin utusan MAN 1 Subulus Salam dan Azizah Qonita HY dari SMAN 2 Bogor.

“Alhamdulillah, ini prestasi yang membanggakan buat saya. Semoga ini jadi motivasi saya untuk lebih baik lagi ke depan,” kata Habib.

Habib tidak menyangka bisa meraih medali emas pada OSSN tingkat Nasional tersebut. Apalagi sebelumnya ia mengaku ikut lomba hanya coba-coba daftar setelah diberitahu teman.

 “Kebetulan itu kompetisi online, jadi saya coba ikut saja. Dari 7 mata pelajaran yang dilombakan, saya daftar pada 4 mata pelajaran, yakni Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia,” ujarnya.

Pendaftaran dibuka 17 Januari 2024. Prosesnya cukup mudah dan tidak dipungut biaya. Peserta hanya menyertakan nomor HP, email dan mata pelajaran yang diikuti pada link yang disiapkan.

“Setelah pendaftaran selesai, seluruh peserta baru berkompetisi dengan sistem tes online. Jumlah soal ada 20 nomor pilihan ganda,” jelasnya.

Kompetisi OSSN tersebut terdapat dua tingkatan, yakni tingkat provinsi dan nasional. Peserta mendapatkan nilai tertinggi di tingkat provinsi, berhak melanjutkan kompetisi di tingkat nasional.

 “Dari 4 mata pelajaran yang saya ikuti, hanya Fisika yang lolos,” sebutnya.

Habib mengaku, perolehan nilai tidak dimunculkan selama kompetisi. Nama-nama peserta yang dinyatakan lolos atau juara langsung tertera di layar dengan keterangan jenis medali yang diraih.

“Peserta yang dapat medali ada juga dari Kota Bima, kalau gak salah dari SMAN 2 Kota Bima,” akunya. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda