Pemkot Bima Dukung Program Pompanisasi Lahan Sawah Tadah Hujan - Bima News

Rabu, 13 Maret 2024

Pemkot Bima Dukung Program Pompanisasi Lahan Sawah Tadah Hujan

Siap
Pj Wali Kota Bima, Kepala BSIP SDLP  Ir Rahmawati, Danrem NTB siap mendukung program pompanisasi lahan tadah hujan sebagai upaya perluasan areal tanam padi dan antisipasi perubahan cuaca.
 

bimanews.id-Pemerintah Kota Bima mendukung program pompanisasi terhadap lahan tadah hujan, sebagaimana arahan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Karena menjadi langkah penting untuk perluasan areal tanam padi di Indonesia.

Mendukung program tersebut Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian (BSIP SDLP) berkoordinasi dengan Danrem NTB  dan Pemerintah Kota Bima.

Penjabat Wali Kota Bima HM. Rum mengatakan, Kota Bima dipilih sebagai lokus pengembangan program perluasan areal tanam sistem pompanisasi karena beberapa alasan.

Pertama, Kota Bima memiliki potensi lahan yang luas dan kondisi geografis yang mendukung pertanian.

Kedua, infrastruktur irigasi yang sudah ada di Kota Bima dapat dioptimalkan dengan sistem pompanisasi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air.

Ketiga, memilih Kota Bima, artinya pemerintah pusat melalui Kementan RI menilai kelayakannya untuk pengembangan pertanian di wilayah yang memiliki kebutuhan mendesak untuk peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani.

"Pemerintah Kota Bima berkomitmen mendorong untuk terealisasinya agenda perluasan areal tanam untuk menjawab kebutuhan pangan lokal, regional maupun nasional," jelasnya.

Kepala BSIP SDLP  Ir Rahmawati sekaligus penanggungjawab  NTB menjelaskan, pompanisasi lahan sawah tadah hujan sebagai  jawaban terhadap tantangan cuaca yang kerap menghambat produksi padi.

‘’Provinsi NTB menjadi fokus utama dalam pelaksanaan program ini,’’ katanya.

Keberhasilan program ini jelasnya, sangat bergantung pada kerjasama semua pihak terkait, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, petani, dan elemen lain. Rahmawati menyoroti peran penting Pemerintah Daerah dan Korem NTB memperlancar kegiatan pompanisasi lahan sawah tadah hujan di wilayah ini. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda