Gelar TTG XIX NTB Harap Jadi Penggerak Tingkatkan Ekonomi Masyarakat - Bima News

Kamis, 07 Maret 2024

Gelar TTG XIX NTB Harap Jadi Penggerak Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

 

TTG
Plh Gubernur NTB, Ibnu Salim didampingi Bupati Bima meninjau stand peserta Gelar TTG XIX tingkat Provinsi NTB di Gedung Seni Budaya Kota Bima, Rabu (6/2)

bimanews.id-Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XIX Tingkat Provinsi NTB yang dipusatkan di Gedung Seni Budaya Kota Bima dimulai. Kegiatan itu dibuka Plh Gubernur NTB, Ibnu Salim, Rabu (6/3), diikuti para inovator dari perangkat daerah terkait dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) se- NTB.

Plh Gubernur NTB. Ibnu Salim berharap kegiatan Gelar TTG tingkat Provinsi XIX yang digelar di Kota Bima menjadi penggerak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Bima. Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan Welcome Dinner gelar TTG di beginning cafe Kota Bima, Selasa (5/3). 

“Semua akan berkumpul di kota Bima, UMKM akan menggeliat dan kami di Provinsi pasti membeli oleh-oleh dari pelaku UMKM masyarakat kota Bima,” harapnya.

Selain itu, gelar teknologi tepat guna sebagai langkah awal untuk memacu potensi masyarakat Bima dalam memanfaatkan teknologi untuk memajukan ekonomi kreatif, kearifan lokal masyarakat Bima secara luas.

Gelar TTG dilaksanakan secara bergiliran di kabupaten/ kota untuk menyebarkan teknologi dan menggerakkan nadi ekonomi daerah se-NTB. Selain untuk mempresentasikan dan mengekspresikan temuan dan memberikan kemudahan masyarakat karena bermuatan TTG lokal.

Sejumlah inovasi diharapkan dapat ditampilkan pada Gelar TTG Tingkat Nasional  tahun 2024 pada Juni  mendatang, dimana NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kependudukan Catatan Sipil atau (DPMPD Dukcapil) NTB, Ahmad Nur Aulia dalam pengantarnya menyampaikan terima kasih atas partisipasi kabupaten dan kota pada ajang tersebut.

"Gelar TTG XIX Tingkat Provinsi NTB Tahun ini mengusung tema "Teknologi Tepat Guna Menuju NTB Hijau". menggambarkan semangat kita semua untuk mengembangkan ide dan inovasi guna optimalisasi beragam potensi daerah melalui penerapan teknologi berbasis kearifan lokal serta berbasis kelestarian lingkungan," terangnya.

Sementara itu Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri di sela peninjauan stand TTG kabupaten dan kota pada puncak acara mengungkapkan, TTG XIX Tingkat provinsi NTB merupakan wahana yang sangat baik bagi para inovator untuk mempresentasikan temuannya. Sekaligus menjadi ruang bagi masyarakat untuk memberikan apresiasi atas sejumlah karya yang ditampilkan tersebut.

Asisten I Sekda Pemerintah Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin berterima kasih kepada pemerintah Provinsi NTB yang menjadikan Kota Bima sebagai tuan rumah digelarnya TTG.

“Semoga TTG menjadi awal untuk kemajuan dan pembangunan kota Bima yang berkelanjutan,” ungkapnya. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda