Bawaslu Telusuri Oknum Caleg Bag-Bagi Sembako di Wilayah Monta - Bima News

Rabu, 31 Januari 2024

Bawaslu Telusuri Oknum Caleg Bag-Bagi Sembako di Wilayah Monta

Joe
Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin
 

 bimanews.id-Politik uang  atau politik transaksional menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) sudah menjadi rahasia umum. Praktek itu disinyalir mulai marak menjelang Pemilu 14 Februari mendatang.

Kondisi itu diakui Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin. Saat ini pihaknya sedang menelusuri oknum Caleg bag-bagi sembako di wilayah Kecamatan Monta.

‘’Kasus ini masih kita telusuri, apakah benar atau tidak,’’ katanya ditemui saat simulasi pungut hitung suara di Godo, Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Rabu (31/1).

Praktek politik uang sebutnya, tidak hanya melibatkan para kontestan pemilu tapi juga para Bandar. Mereka (Bandar, red) yang terjun langsung ke lapangan. ‘’Para bandar inilah yang membeli suara orang,’’ sebutnya.

Artinya, sudah mulai muncul praktek politik transaksional. Termasuk bagi-bagi sembako dan lain-lain. Kondisi ini harus diwaspadai bersama oleh seluruh komponen masyarakat.

Jangan sampai praktek seperti ini menciderai pesta demokrasi yang jujur, adil dan transparan untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas dan berkompeten.

‘’Kita ajak seluruh elemen masyarakat bekerjasama  mengawasi praktek-praktek yang menyimpang ini,’’ ajaknya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda