Bima Farm Sediakan Kambing Harga Murah dan Sehat - Bima News

Senin, 04 Desember 2023

Bima Farm Sediakan Kambing Harga Murah dan Sehat

 

Kandang
Kandang Kambing Bima Farm di Kelurahan Oi Fo'o Kota Bima

bimanews.id-Kebutuhan kambing untuk qurban dan hajatan lain seringkali menjadi kendala, karena sulitnua mendapatkan  kambing yang sehat dan sesuai kebutuhan. 

Kondisi itu memotivasi dr Ketut Swastika untuk membangun peternakan kambing di Kelurahan Oi Fo'o, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima.

"Peternakan kambing ini kita mulai Agustus lalu," ungkap Ketut Swastika, Ahad (3/12).

Di atas lahan seluas satu ini pihaknya membudidayakan berbagai jenis kambing. Mulai dari kambing lokal hingga etawa. 

"Untuk harga jual yang pasti kita lebih murah dengan variasi harga mulai Rp 2 juta hingga Rp 3 juta," katanya.

Harga kambing di Bima Farm lebih murah kata dia,  karena bibitnya didatangkan langsung dari luar. Sebagian dibudidayakan di lokasi. 

"Kami biasanya meminta pelanggan untuk mengecek harga pasar dulu, untuk memastikan harga kambing kami lebih murah atau mahal," bamdingnya.

Ketut juga memastikan  kambing yang dijual kualitas kesehatannya terjamin, karena setiap hari dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Bila ditemukan kambing kondisinya kurang sehat, langsung dipisahkan  ke ruangan karantina. Untuk mengantisipasi penularan penyakit, serta memudahkan perawatan terhadap kambing yang sakit. 

"Untuk mendukung peningkatan kesehatan kambing, saya memperkerjakan satu orang dokter hewan," aku dokter anestesi RSUD Bima ini. 

Untuk kebersihan kandang, setiap hari dibersihkan, disemprot desinfektan. Kemudian kambing juga diberikan pakan dengan konsentrat dan nutrisi sesuai kebutuhan. (nk)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda