Penyebab Kematian Zulkiflih di Malaysia, Disnakertrans Belum Dapat Informasi dari BP2MI Maupun KBRI - Bima News

Jumat, 11 Juni 2021

Penyebab Kematian Zulkiflih di Malaysia, Disnakertrans Belum Dapat Informasi dari BP2MI Maupun KBRI

Zulkiflih
Zulkiflih
 

BimaNews.id, BIMA-Penyebab kematian Zulkiflih (bukan Zulkifli), 27 tahun, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ditemukan tergantung di kawasan Empire Plantation, Mukkah Sarawak, Malaysia, hingga kini masih misterius. Padahal, jenazah pria asal Desa Rabakodo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima ini sudah tiga hari di rumah sakit di Malaysia, untuk diautopsi.

"Hasil autopsi jenazah korban belum kami terima," aku Kasi Fasilitas Penempatan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima, Arief Rachman SSos, Jum'at (11/6).

Arief tidak tahu pasti kenapa hasil autopsi belum dilaporkan polisi Malaysia. Pihaknya juga masih menunggu informasi terbaru mengenai korban dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram, maupun Kedutaan Besar Rebublik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

"Kalau hasil autopsi sudah diterima, nanti kita kabarkan kembali," tuturnya.

Termasuk kata dia, tentang pemulangan jenazah korban. Masih menunggu pengaduan dari keluarga korban. Apakah jasad korban dikebumikan di Malaysia atau dipulangkan ke tanah air.

Pengaduan itu  sebutnya, sebagai dasar  Disnakertrans untuk disampaikan ke BP2MI. Kemudian diteruskan ke KBRI dan pemerintah Malaysia, untuk mempertimbangkan soal pemulangan jasad korban.

Keluarga korban aku Arief. sempat datang ke kantor Disnaker, kemarin. Hanya  melaporkan tentang kematian Zulkiflih, tidak meminta jenazah almarhum dipulangkan ke Bima, karena masih dimusyawarahkan dengan keluarga yang. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda