Kenaikan Harga Komoditas Makanan Pacu Inflasi Mei 2021 - Bima News

Kamis, 03 Juni 2021

Kenaikan Harga Komoditas Makanan Pacu Inflasi Mei 2021

Iin
Oleh: Iin Suprihatin (Statistisi Pertama BPS Kota Bima)
  

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bima, Rabu  (2/6/2021)  merilis Indeks Harga Konsumen (IHK) secara bulanan (month-to-month/mtm) Mei mengalami  inflasi sebesar                0.84 persen. Angka ini searah dengan kondisi nasional juga mengalami inflasi sebesar 0,32 persen.  Laju inflasi  tahunan (year-on-year/yoy) Kota Bima tercatat sebesar 1,86 persen.

Sebagian besar kelompok komoditas  makanan, minuman dan tembakau menyumbang inflasi  sebesar 1.78 persen. Selain itu perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0.70 persen, Perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0.62 persen, Transportasi sebesar 0.51 persen, Pakaian dan alas kaki sebesar 0.32 persen, Kesehatan sebesar 0.18 persen, dan Perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0.13 persen.

Kenaikan  harga komoditas makanan pacu inflasi sebesar 2,24 persen. Beberapa komoditas yang harganya  terpantau merangkak naik antara lain ayam hidup, daging ayam ras, ikan tongkol/ ikan ambu-ambu, tomat, dan angkutan udara. Sedangkan yang mengalami penurunan harga antara lain cabai rawit, ikan layang/ ikan benggol, beras, bawang merah, dan cabai merah.

Meskipun mengalami inflasi,  BPS Kota Bima juga memotret fenomena deflasi sebesar – 0,02 persen  di beberapa kelompok komoditas  seperti informasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Berdasarkan pemantauan harga di berbagai lokasi di Kota Bima, kelompok komoditas rekreasi, olahraga, dan budaya, Pendidikan, dan Penyediaan makanan dan minuman/restoran tercatat tidak memberikan andil inflasi.

Inflasi tertinggi di Indonesia  terjadi di Manokwari  sebesar 1,82 persen dan terendah di Tembilahan sebesar 0,01 persen. Sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Timika sebesar -0,83 persen dan terendah di Palembang  sebesar -0,02 persen. (*)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda