Tanggal 26 akan Terjadi Gerhana Bulan Merah Darah, Dapat Disaksikan pada Sejumlah wilayah di Indonesia - Bima News

Selasa, 25 Mei 2021

Tanggal 26 akan Terjadi Gerhana Bulan Merah Darah, Dapat Disaksikan pada Sejumlah wilayah di Indonesia

Gerhana
Ilustrasi Google
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan akan terjadi Gerhana Bulan Total Perigee atau yang lebih dikenal dengan Super Blood Moon. Fenemena  alam ini  akan tampak di sejumlah wilayah di Indonesia, pada Rabu, (26/5)

Dari pengamatan BMKG, Gerhana Bulan Total  tanggal 26 Mei berlangsung di beberapa lokasi  di wilayah Indonesia. Dapat dilihat menggunakan teleskop yang dipadukan dengan detektor dan teknologi informasi.

Untuk wilayah NTB, Super Blood Moon waktu puncaknya  sekitar pukul  19:18:43 Wita. Waktunya sekitar 18 detik.

 Melalui rilisnya, BMKG menyebutkan, Gerhana Bulan total dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan. Aman disaksikan dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana.

Gerhana bulan ini merupakan peristiwa terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi. Sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Sebagai akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan. Kejadian  ini saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Sedangkan Gerhana Bulan Total, terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi.Saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah (terkenal dengan istilah Blood Moon).

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee). Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda