Mesin Air Ringi Ncanga Macet, Nol Biaya Perawatan, Warga Kadole Dilanda Krisis Air - Bima News

Jumat, 21 Mei 2021

Mesin Air Ringi Ncanga Macet, Nol Biaya Perawatan, Warga Kadole Dilanda Krisis Air

Bak Air
Bak penampungan air berukuran 20 meter persegi yang  dibangun di kawasan relokasi Kadole, Kelurahan Oi Fo'o tidak berfungsi
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Kebutuhan air untk warga relokasi di Kadole Keluarahan Oi Fo’o sebelumnya terpenuhi.  Air ditarik dari Ringi Ncanga, kemudian didistribusikan pada warga di Kadole I dan Kadole II melalui jaringan perpipaan.

Sayangnya, air dari Ringi Ncanga hanya berjalan beberapa lama, kemudian macet. Masalahnya,  karena tidak ada anggaran untuk mengoperasikan dan perawatan mesin.

"Agar air terus mengalir dibutuhkan biaya operasional mesin maupun orang yang dipekerjakan,’’ sebut Kabid Rehab dan Rekon BPBD Kota Bima, Asraruddin,  Kamis (20/5).

Anggaran yang dibutuhkan itu kata dia, selain untuk membayar listrik. Karena mesin itu butuh daya besar, juga untuk menggaji petugas yang menyalakan dan mematikan mesin.

Dibutuhkan juga anggaran untuk petugas pembuka kran  jaringan air. Termasuk biaya perbaikan, jika mesin bermasalah.

"Kami tidak memiliki anggaran untuk semua itu," katanya saat ditemui di Kantor BPBD Kota Bima.

Terkait permasalahan itu,  dia mengaku sudah berkali-kali meminta anggaran pada pemerintah Kota Bima. Meski anggaran tersebut dicantol pada OPD teknis.

Menyinggung soal upaya untuk memenuhi kebutuhan air warga? Asraruddin mengaku BPBD berupaya menyalurkan air bersih dengan mobil tanki. Hanya itu yang bisa dilakukan sementara ini.

"Kebetulan di kawasan tersebut banyak tandon air yang disiapkan," katanya.

Pantauan di lokasi, di setial rumah warga terdapat  instalasi air minum. Masih terpasang meteran dan keran air. Hanya saja, tidak satu tetespun air keluar.

Di kawasan Oi Foo juga terdapat bak untuk menampung air dari Ringi Ncanga.  Dari bak itu akan dialirkan ke setiap rumah warga.

Hanya saja bak  dengan ukuran sekitar 20 meter persegi itu saat ini kosong melompong. (nk)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda