Gedung Sekolah Rusak Parah, Warga Kirim Surat Terbuka ke Bupati Bima - Bima News

Kamis, 22 April 2021

Gedung Sekolah Rusak Parah, Warga Kirim Surat Terbuka ke Bupati Bima

Sekolah
Kondisi  SDN di Desa Talapiti Kecamatan Wera Kabupaten Bima yang kondisinya rusak parah
 

BimaNews.id,BIMA-Seorang warga Desa Talapiti, Kecamatan Wera, melayangkan surat terbuka kepada Bupati Bima dan Gubernur NTB.  Surat itu ditulis akun Dahlan Talapiti dengan melampirkan dua foto yang memperlihatkan kondisi bangunan SDN di Dusun Tala Rasabou desa setempat.

Dari foto yang diunggah itu, terlihat kondisi bangunan sekolah yang rusak parah. Bagian atap bangunan sekolah tersebut banyak bolong, karena gentengnya berjatuhan. Kemudian dindingnya berlumut dan retak.

Dengan kondisi sekolah seperti itu, Dahlan Talapiti meminta Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri  dan Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah,  memberikan perhatian, segera merenovasi gedung sekolah tersebut.

Unggahan itu terlihat pada Minggu (19/4  lalu mendapat banyak komentar dan dibagikan berkali-kali.

Bagiamana tanggapan Pemerintah Kabupaten Bima terhadap unggahan itu?  Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin, mengatakan seharusnya surat terbuka itu ditujukan kepada pihak sekolah.

"Surat terbuka itu bukan ditujukan pada kami. Melainkan kepada operator dan kepala sekolah setempat," tandasnya.

Karena untuk renovasi sekolah tergantung Data Pokok Peserta Didik (Dapodik) yang diinput pihak sekolah. Selanjutnya diverifikasi dinas untuk menentukan, apakah bangunan sekolah tersebut, kondisinya rusak berat atau ringan.

"Setelah itu baru bisa dianggarkan  dan ditentukan sekolah mana yang diprioritas," ujarnya.

Ia mengaku, sering turun ke sekolah tersebut. Masalahnya, ada pada tenaga operator yang baru diangkat.  Belum memiliki pengalaman.

"Kalau kendalanya pada update Dapodik, biar seribu surat terbuka yang dikirim, kita tetap tidak bisa berbuat apa-apa," tandasnya.

Tenaga operator sekolah yang menginput data Dapodik diharap memahami tugasnya dengan benar. Jika Dapodik lengkap dan jelas, anggaran pasti dialokasikan. (ar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda