Patroli Kawal Hak Pilih, Bawaslu Bima Temukan Sejumlah Pemilih Belum Dicoklit - Bima News

Rabu, 15 Maret 2023

Patroli Kawal Hak Pilih, Bawaslu Bima Temukan Sejumlah Pemilih Belum Dicoklit


Bawaslu
Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah SH saat patroli kawal hak pilih, agar warga yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak konstitusional mereka pada Pemilu 2024 mendatang (Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Bima)


bimanews.id, Bima-Patroli kawal kak pilih pada hari terakhir masa Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024,  Bawaslu Kabupaten Bima masih temukan pemilih memenuhi syarat yang belum didata.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima,  Abdullah, SH, mengatakan, sesuai  jadwal  Kpt KPU 027 tahun 2023, pihaknya patroli ke beberapa kecamatan. Diantaranya, Woha, Belo, Palibelo, Monta, Parado, Bolo dan Madapangga. Di sejumlah kecamatan itu masih ditemukan pemilih yang belum dicoklit. 

“Seperti patroli kawal hak pilih  dilakukan Pak Abdurahman di Desa Tente, Kecamatan Woha, ditemukan  satu keluarga  belum didata oleh petugas, " sebut pria yang akrab disapa Ebit ini melalui rilis, Selasa (14/3).

Dengan temuan itu, pihaknya koordinasi dengan PPS desa setempat untuk ditindaklanjuti. Begitu juga saat patroli  di Kecamatan Belo dan Palibelo,  juga ditemukan persoalan yang sama. 

Di Desa Roka sebutnya, orang tua dari pengawas desa setempat justru dicoklit setelah disarankan oleh Panwascam Belo. Pengawas Pemilu di Kecamatan Belo juga menemukan dua Kepala Keluarga yang belum dicoklit.

Sementara di Kecamatan Palibelo beber Ebit, dari hasil Patroli  Koordinator Devisi P2H Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, menemukan satu orang pemilih di Desa Tonggorisa dan satu emilih di Desa Ragi  belum dicoklit. 

Agar hak pilih warga tidak diabaikan,  pihaknya langsung berkoordinasi dengan PPK setempat dan PPS Desa Ragi untuk mengakomodir hak konstitusional warga tersebut. “Kami langsung eksen di lapangan,” terangnya.

Begitu juga dengan hasil patroli Panwascam di Kecamatan Sape, Parado, dan Madapangga. Hasil pengawasan tersebut, sudah langsung diselesaikan di tempat mengingat jadwal Coklit  telah berakhir.

“Tugas kami mengawal hak pilih. Jangan sampai karena persoalan sepele, hak konstitusi warga diabaikan,” tandas Ebit. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda