Dana Hibah APBD 2023 Kota Bima Naik 35 Persen - Bima News

Selasa, 24 Januari 2023

Dana Hibah APBD 2023 Kota Bima Naik 35 Persen


Iwan
Iwan Setiawan

bimamews.id, Kota Bima-Pemerintah Kota Bima menggelontorkan anggaran Rp 41,3 miliar untuk hibah. Porsi angggaran ini jauh lebih besar ketimbang tahun 2022 lalu  Rp 27,4 miliar. 


Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan mengatakan, ada kenaikan alokasi dana hibah tahun ini. kenaikannya sekitar 35 persen dibanding tahun 2022 lalu. 

“Khusus hibah tahun ini memang lebih tinggi ketimbang tahun lalu,” ujarnya, Selasa (24/1). 

Membengkaknya dana hibah tahun ini katanya, karena ada alokasi lebih untuk bantuan rumah ibadah. Tahun lalu hanya Rp 8 miliar,  tahun ini menjadi Rp 14 miliar. 

Besarnya alokasi untuk rumah ibadah  lanjut Iwan sapaan akrabnya ini, karena proposal pembangunaan rumah ibadah yang tidak terakomodir  tahun lalu dimasukan pada tahun anggaran 2023 ini. 

“Bantuan untuk rumah ibadah sedikit tahun lalu, sehingga diambil kebijakan untuk diakomodir tahun ini,” kata Iwan  ditemui di ruang kerjanya. 

Hal lain sebutnya, ada kenaikkan untuk dana hibah KONI Kota Bima. Organisasi olahraga ini mendapat Rp 4 miliar. Sedangkan tahun lali hanya Rp 1,1 miliar. 

Kenaikan ini untuk mendukung pelaksanaan Porprov NTB. Kemudian hibah rutin lainnya untuk bantuan non fisik bagi sekolah swasta. "Kalau untuk ini sumber anggarannya dari dana alokasi khusus," sebutnya.

Kenapa dimasukan ke hibah kata Iwan, s
karena penerima bukan sekolah negeri. Sehingga mekanismenya berupa pemberian hibah. 

“Ada juga hibah rutin lain juga yang disiapkan,” bebernya. 

Menyinggung apa pemberian dana hibah ini tidak ada kaitannya dengan tahu politik? Iwan mengaku, tentu tidak ada kaitanya. Sebab ini merupakan program rutin. (nk)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda