421 Calon Anggota PPS Mengikuti Seleksi Tertulis - Bima News

Jumat, 06 Januari 2023

421 Calon Anggota PPS Mengikuti Seleksi Tertulis

 

Mursalin
Mursalin

bimanews.id, Kota Bima- 421 orang Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kota Bima mengikuti seleksi tertulis tanggak 6 dan 7 Januari 2023. Seleksi tertulis berbasis komputer ini berlangsung di SMKN 2 Kota Bima. 

Ketua KPU Kota Bima, Mursalin menjelaskan, jumlah calon anggota PPS di Kota Bima yang melamar pada 41 kelurahan sebanyak 427 orang. Dari jumlah tersebut, setelah  penelitian administrasi yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tes  tertulis 421 orang.

Untuk seleksi tertulis dibagi  6 sesi. Hari pertama tanggal 6 Januari ada 3 sesi dengan jumlah peserta sebanyak 225 orang. Waktunya dimulai  pukul 08.30 Wita. 

Hari kedua, tanggal 7 Januari juga  3 sesi dengan jumlah peserta 196 orang. Waktunya  dimulai pukul 08.30 Wita.
"Terkait jadwal pelaksanaan seleksi tertulis dan pembagian ruang kelas maupun  sesi, bisa dilihat pada pengumuman yang dibagikan oleh KPU Kota Bima melalui media sosial KPU Kota Bima," jelas Mursalin. 

Hasil seleksi tertulis langsung diinformasikan setelah pelaksanaan seleksi setiap sesi selesai. Terhadap hasil seleksi tertulis, KPU Kota Bima akan menetapkan calon anggota PPS yang lulus seleksi tertulis untuk melanjutkan ke tahap seleksi wawancara. 

Dari hasil seleksi tertulis, sesuai  Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022, tentang Perubahan dari Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, jumlah calon Anggota PPS yang akan mengikuti seleksi Wawancara setiap kelurahan maksimal sembilan orang atau paling banyak 3 kali dari setiap kelurahan.  

"Setelah seleksi tertulis selesai akan ditetapkan dan diumumkan calon anggota PPS yang dinyatakan lulus untuk  selanjutnya mengikuti seleksi wawancara," terangnya.

Jumlah keseluruhan anggota PPS yang dibutuhkan untuk 41 kelurahan sebanyak 123 orang. Mursalin berharap, pelaksanaan seleksi tertulis berbasis komputer untuk calon anggota PPS berjalan lancar. 

"Persiapan maksimal sudah kita lakukan, semoga semuanya berjalan lancar," tutupnya. (red)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda