Jembatan Lewamori Tidak Masuk Proyek Prioritas Nasional di NTB Tahun 2023 - Bima News

Rabu, 07 Desember 2022

Jembatan Lewamori Tidak Masuk Proyek Prioritas Nasional di NTB Tahun 2023

 

Lewa Mori
Screen shot gambar satelit lewa mori yang akan dibangun jembatan untuk memperpendek jarak dari Kota Bima ke Kabupaten Dompu dan sebaliknya, ternyata tidak masuk proyek prioritas nasional di NTB tahun 2023

bimanews.id, Mataram-Harapan masyarakat Bima segera dibangun jembatan Lewamori di Desa Darussalam Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, belum bisa terealisasi. Dari daftar proyek prioritas nasional dan berpagu besar di NTB tahun 2023, tidak termasuk Jembatan Lewamori.

Dikutip dari Lombok Post, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) NTB Sudarmanto mengatakan, ada 10 proyek prioritas nasional untuk NTB tahun 2023. Beberapa di antaranya merupakan lanjutan pembangunan tahun sebelumnya. 

”Seperti Bendungan Meninting di Lombok Barat dan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat. Itu  masuk proyek strategis nasional di 2023,” jelas Darmanto.

Sementara 8 proyek strategis nasional lainnya, yakni pembangunan jaringan irigasi tambak di Kabupaten Sumbawa; jaringan irigasi program integrated participatory development and management of irrigation program (IPDMIP) di Bima, Dompu, Lombok Timur, dan Lombok Tengah.

Jaringan irigasi program strategic irrigation modernization and urgent rehabilitation project (SIMURP) untuk Lombok Tengah; pelebaran jalan Pemenang-Bayan di Lombok Utara hingga tembus ke Sembalun, Lombok Timur.

Pembangunan jembatan gantung di Lembar Selatan, Lombok Barat; pembangunan sanimas spalds untuk Provinsi NTB; pembangunan Jalan Batu Dulang-Tepal dik Kabupaten Sumbawa, dan pembangunan PSU perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. ”Itu semua akan digarap tahun 2023” sebutnya.

Dibandingkan 2022, tahun depan lebih banyak proyek strategis nasional. Tambahan ini diharapkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat yang berada di lokasi proyek.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) NTB Ridwan Syah mengatakan, jembatan Lewamori sudah lama diusulkan. Namun, pembangunannya tak kunjung mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat. 

Jembatan Lewamori rencananya dibangun dari Desa Daru, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Membentang sepanjang 400 meter dengan ujungnya berada di sekitar Bandara Sultan Muhammad Salahuddin.

Keberadaan jembatan akan memperpendek jarak menuju bandara dari Dompu, sekitar 17 kilometer. Selain itu, anggaran jumbo untuk Jembatan Lewamori diharapkan bisa mentrigger pengembangan kawasan di sekitar teluk Bima. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda