Pilkades Makan Korban, Catatan Buram Demokrasi di Bima - Bima News

Senin, 11 Juli 2022

Pilkades Makan Korban, Catatan Buram Demokrasi di Bima

Syaiffullah
Syaifullah
 

BimaNews.id, Bima-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 hingga menelan korban jiwa, menjadi catatan buram demokrasi di Kabupaten Bima. Pemerintah diminta mengevaluasi regulasi maupun pelaksanaan di lapangan untuk memperbaiki ke depan.

"Pilkades  sebelumnya tidak ada problem yang muncul," ungkap anggota DPRD Kabupaten Bima, Syaifullah ditemui di kantor dewan, Senin (11/7).

Dinamika Pilkades tahun ini justru memprihatinkan. Semakin ke sini, level demokrasi semakin tidak original. Hingga muncul korban jiwa.

Kericuhan pada pelaksanaan Pilkades  sebutnya, menandakan masyarakat belum siap untuk berdemokrasi. Belum siap menerima kekalahan. Padahal setiap pertarungan pasti ada yang kalah dan menang.

Kondisi tersebut diperparah praktek perjudian di lapangan. Praktek ini  secara tidak langsung telah mengintervensi demokrasi.

Karena itu Syaifullah menyarankan, harus ada evaluasi untuk meminimalisir  hal tersebut.  Supaya ke depan dapat melahirkan kepemimpinan yang berkualitas.

"Mestinya harus ada riset, apakah perbaikan itu pada level regulasi atau pelaksanaan di lapangan.  Atau faktor lain,’’ tandas  duta PKS ini.

Terhadap fenomena itu, negara harus mampu memenuhi syarat dasar untuk menjalankan demokrasi. Yaitu mencerdaskan masyarakat.

‘’Ketika masyarakat sejahtera, tidak lagi bisa didikte dengan politik uang da lain-lain,’’ tandasnya.  (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda