Dalih Ada Pembayaran di Luar RAB, Perkim Bima Ogah Lunasi Temuan BPK - Bima News

Minggu, 19 Juni 2022

Dalih Ada Pembayaran di Luar RAB, Perkim Bima Ogah Lunasi Temuan BPK

Taufik
H.M. Taufik, MT
 

BimaNews.id, Bima-Dinas Perumahan dan Pemukiman (Pekim) Kabupaten Bima akan mengabaikan Rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) NTB.  Terkait temuan pembayaran ganda delapan paket pekerjaan SPAM yang harus dikembalikan ke kas daerah Rp 93, 3 juta lebih.

"Temuan kecil dari delapan paket itu sudah kita dibayar. Untuk nilai yang besar perlu ada kejelasan," kata Kadis  Perkim Kabupaten Bima, M. Taufik, ST saat dihubungi media ini, Sabtu (18/6)

Diakui ada temuan BPK NTB, soal pembayaran ganda pekerjaan SPAM pada item sambungan pipa 1/2 inci dan sambungan rumah 1 unit.

"Dalam RAB, ada biaya untuk item sambungan pipa 1/2 inci dan kita bayar juga untuk pekerjaan sambungan ke rumah," akunya.

Hanya saja kata dia, untuk merangkai komponen perpipaan agar bisa disambungkan ke rumah penerima manfaat ada biaya tambahan dikeluarkan rekanan. "Biaya itulah yang kita bayar karena tidak tercantum dalam RAB," sebutnya.

Merangkai komponen sambungan rumah, butuh tenaga khusus. Bahkan butuh biaya mobilisasi dari  tempat merangkai ke lokasi pekerjaan. "Tenaga yang gali dan yang pasang juga digaji," bebernya.

Muncul biaya lain saat pekerjaan, itulah yang  menjadi temuan BPK. ‘’Harusnya kita diingatkan dulu, bukan langsung rekomendasi untuk setor ke kas daerah," protesnya.

Kenapa tidak dilakukan CCO atau adendum pekerjaan? Bila itu dilakukan, akan mengurangi item pekerjaan. "Nanti kita komunikasi lagi dengan BPK," ujarnya. (fir)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda