Banjir Rob Genangi Runway Bandara Bima, Penerbangan Ditunda - Bima News

Selasa, 14 Juni 2022

Banjir Rob Genangi Runway Bandara Bima, Penerbangan Ditunda

Rob
Banjir rob yang menggenangi landasan pacu Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Selasa (14/6)
 

BimaNews.id, BIMA-Sekitar 3 jam banjir pesisir alias Rob menggenangi runway Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Selasa (14/06)  sekitar pukul 11.00 Wita. Fenomena alam ini pertama kali terjadi di Bandara Bima.

Dampaknya, jadwal penerbangan dari Bima tujuan Makassar tertunda hingga hampir 3 jam. Sementara puluhan penumpang terkatung-katung.

Pantauan Media ini sekitar pukul 11.00 Wita, genangan air laut terlihat pada terminal penumpang. Petugas bandara bergegas mengangkut barang-barang  penumpang ke kabin pesawat.

Sementara petugas lain, sibuk membuat jalan alternatif bagi penumpang untuk diangkut ke Bus menuju pesawat yang parkir di landasan pacu.

Kepala Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, I Kadek Sastrawan ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, banjir Rob pertama kali terjadi dengan areal genangan meluas.

"Tidak hanya di terminal penumpang. Rob bahkan masuk ke bagian Air Site, yakni sisi udara dari landasan pacu," ungkapnya.

Dampak peristiwa alam itu, pesawat yang seharusnya berangkat pukul 11.40 Wita tujuan Makassar, ditunda hingga air laut surut.

"Tadi pilotnya sudah inspeksi sampai ke dalam, tidak berani terbang. Jadi ditunda," tuturnya.

Sehari sebelumnya, Senin (13/06) kawasan Bandara Bima juga sempat digenangi air Rob. Kejadian mulai pukul 10.00 Wita itu terjadi hanya sekitar 1 jam. Tidak ada gangguan jadwal penerbangan, hanya aktivitas penumpang menuju pesawat yang terganggu.

Mereka diantar menggunakan Bus dari terminal menuju ke pesat. "Kejadian ini pertama kalinya dalam sejarah bandara Bima. Fenomena alam tahun ini, luar biasa," tambahnya.

Munculnya fenomena alam itu, lanjut dia, sebagai rujukan untuk studi bagaimana mengatasi banjir Rob kedepannya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda