Empat Bulan Belum Terima Gaji, Guru Honorer di Kota Bima Curhat Pada Gubernur NTB - Bima News

Senin, 18 April 2022

Empat Bulan Belum Terima Gaji, Guru Honorer di Kota Bima Curhat Pada Gubernur NTB

Gaji
Ilustrasi
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Akun fecebook Gup Ran keluhkan gaji guru honorer MI di Kota Bima sudah empat bulan belum cair.  Keluhan itu ditulis di kolom komentar postingan Gubernur NTB, ketika berkunjung ke Kota Bima beberapa hari lalu.

Pada kolom kementar itu, Gup Ran curhat soal gaji honorer empat bulan belum dibayarkan. Karena dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) belum cair, sehingga insentif tenaga honorer belum dibayarkan.

‘’Sudah empt bulan BOS MI belum cair dan tenaga honorer tidak digaji. Jika tidak ada THR, setidaknya berikan hak gaji kami untuk lebaran," tulisnya.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Bima Furqan mengatakan, dana BOS untuk MI baru saja cair. Keterlambatan karena pencairan BOS banyak tahapan yang harus dilalui.

"Ada juga disebabkan aplikasi program dana BOS diperbaharui, bukan karena ada kesengajaan," aku Furqan.

Untuk MTs dan MA, pencairan BOS mulai hari ini Senin (18/4) hingga 22 april 2022. "Sistem yang berlaku sekarang, BOS baru bisa dicairkan apabila madrasah telah melaporkan penggunaan BOS tahun 2021 tahap kedua," terangnya.

Adapun besaran nilai dana BOS, pada tingkat MI per siswa Rp 900 ribu per tahun. Semenntara MTs Rp 1.100.000 per siswa dan pada MA sebesar Rp 1,5 juta.

Selain untuk siswa, BOS kata dia membayar honor guru, sarana prasarana, alat tulis kantor dan pemeliharaan madrasah. 

"Besaran honor guru, tergantung jumlah siswa. Mulai Rp 200 hingga Rp 500 ribu," sebutnya.

Di madrasah negeri, hitungannya Rp 40 ribu per jam. Begitu juga pada swasta, tergantung jumlah siswa yang ada. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda