Bulan Ramadan, Dua Kelompok Warga di Kelurahan Melayu-Kota Bima Bentrok - Bima News

Rabu, 06 April 2022

Bulan Ramadan, Dua Kelompok Warga di Kelurahan Melayu-Kota Bima Bentrok

Bentrok
Puluhan warga di Kampung Soro siaga mengantisiapasi diserang warga Lingkungan Melaju, Kelurahan Melayu, Rabu (6/5) dinihari sekitar pukul 04.00 Wita.

BimaNews.id, KOTA BIMA-Selama dua hari berturut-turut, kelompok warga asal Lingkungan Soro dan Lingkungan Melaju, Kelurahan Melayu, Kecamatan Asakota, Kota Bima terlibat bentrok. Warga Kampung Soro diserang  dengan batu, anak panah dan benda tajam oleh sekelompok warga diduga asal Lingkungan Melaju.

Aksi penyerangan itu berlangsung  Selasa (5/4) dan Rabu dinihari (6/4) sekitar pukul 04.00 Wita, disaat warga lain bersiap-siap untuk makan sahur.

Penyerangan itu menyebabkan tiga orang warga Kampung Soro menjadi korban. Dua orang terkena anak panah di bagian kaki dan tangan. Satu korban yang masih duduk di bangku SMP babak belur dikeroyok.

Udin, warga Kampung Soro mengatakan, dua hari lingkungannya diserang sekelompok warga dari kampung Melaju. Penyerangan berlangsung sekitar pukul 04.00  Wita, saat makan sahur.

"Pertama, kami diserang dengan batu dan panah pada Selasa (5/4) sebelum adzan subuh. Karena diserang saat itu kami membalas," katanya ditemui di lokasi kejadian, Rabu (6/4) sekitar pukul 04.00 Wita dini hari.

Saat saling serang itulah ada dua orang warga Kampung Soro terkena anak panah dan satu orang dikeroyok.

"Pasca kejadian itu, kita difasilitasi pihak kepolisian untuk berdamai," terangnya.

Bahkan saat itu, tiga orang warga yang dianggap memprovokasi diamankan polisi. "Kami pikir setelah didamaikan pihak kepolisian, masalah sudah selesai. Nyatanya, Rabu dinihari sekitar pukul 04.00 Wita, sekelompok warga dari Kampung Melaju kembali menyerang,’’ keluhnya.

Aksi penyerangan pada hari kedua ini, para pelaku mengenakan helm dan penutup kepala agar tidak dikenali. Karena tidak ada perlawanan, mereka melempar tiga rumah warga di Kampung Soro. Akibatnya bagian dinding, atap dan jendela rumah tersebut rusak.

"Kami saat itu kaget diserang secara tiba-tiba.  Ketika kami menghadang penyerang, justru satu orang warga kami kena panah di bagian tangan. Kini sudah dilarikan ke rumah sakit," sebutnya.

Ditanya apa masalah yang melatarbelakangi muculnya aksi penyerangan itu?  Udin mengaku tidak tahu pasti. Namun, sebagian masyarakat setempat menduga buntut dari pertandingan bola pada Maret lalu.

Adimayu, warga Kampung Melaju, Kelurahan Melayu mengaku, dua hari terakhir warga Lingkungan Soro diserang warga Lingkungan Melaju.

Dari keterangan warga kata dia, kejadian hari Rabu, anak-anak dari Lingkungan Penapali, Kelurahan Melaju keliling untuk membangunkan warga makan sahur.

"Saat itu mereka di hadang  sekelompok warga di Lingkungan Melaju. Karena dikejar, anak-anak dari Penapali lari masuk ke wilayah Soro," terangnya.

Karena tidak menemukan orang Penapali, sekelompok warga dari Melaju melempar rumah warga Soro. Sehingga warga setempat berhamburan keluar dari rumahnya.

"Kami ikut resah dengan aksi penyerangan seperti ini. Khawatirnya malah kami yang tidak tahu apa-apa jadi sasaran,’’ keluhnya.

Diharapkan aparat kepolisian bertindak cepat, mengamankan para pelaku yang membuat ulah meresahkan warga. Takutnya, kejadian ini akan banyak memakan korban. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda