PPKM Naik Level 3, Dikbud Kota Bima Berlakukan KBM Terbatas - Bima News

Kamis, 17 Februari 2022

PPKM Naik Level 3, Dikbud Kota Bima Berlakukan KBM Terbatas

Humaidin
Muhammad Humaidin MPd
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Naiknya PPKM ke level 3 mengharuskan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima melakukan pembatasan terhadap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.  Mulai Rabu (16/2) hingga Senin (28/2) diberlakukan KBM tatap muka terbatas dan jarak jauh.

KBM tatap muka terbatas, setiap hari hanya diikuti 50 persen dari jumlah siswa normal. Sementara jarak jauh yakni, belajar online melalui aplikasi akun belajar.

Plt Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikbud Kota Bima, Muhammad Humaidin MPd mengatakan, kebijakan itu berdasarkan keputusan bersama empat menteri. Untuk mengedalikan pandemi Covid-19.

Mengingat saat ini Kota Bima terjadi perubahan status. Dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu, meningkat ke level tiga.

"Belakangan ini jumlah kasus Covid-19 meningkat tajam, sehingga status PPKM juga naik,"  sebutnya, Rabu (16/2).

Dengan lonjakan kasus Covid-19 ini, ia berharap Dinas Kesehatan (Dikes) terus menggenjot capaian vaksinasi anak. Pasalnya, hingga hari Rabu (16/2), vakisinasi siswa untuk dosis satu dan dua, baru 25 persen dari target.

"Kami berharap semua siswa sudah divaksin sesuai waktu yang diberikan pusat, sampai 18 Maret," harapnya.

Lambannya capaian vaksinasi siswa kata Humaidin, karena masih ada orang tua yang masih ragu-ragu anaknya divaksin. Itu terjadi hampir di semua SD dan SMP di Kota Bima.

"Rata-rata mereka ingin melihat dulu reaksi dosis terhadap siswa lain yang sudah divaksin. Kalau aman, baru mereka izinkan anaknya divaksin," terangnya.

Padahal sebelum vaksin anak diizinkan pemerintah, beragam upaya dilakukan Dikes dan Dikbud untuk meyakinkan orang tua wali murid. Selain sosialisasi, Dikbud juga memberikan hadiah berupa bingkisan.

"Tetap saja ada yang masih ragu-ragu. Karena mereka sudah terlanjur terprovokasi dengan isue di Medsos soal Covid-19," tandasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda