Distambun Ngaku Akan Investigasi Penyebab Kelangkaan Pupuk - Bima News

Jumat, 03 Desember 2021

Distambun Ngaku Akan Investigasi Penyebab Kelangkaan Pupuk

Hj Nurma
Ir. Hj. Nurma
 

BimaNews.id, BIMA- Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertanbun) menyebut stok pupuk subsidi di Kabupaten Bima, aman. Tidak ada kelangkaan. Meski diakui banyak petani yang mengeluhkan sulit mendapatkan pupuk.

"Tidak ada pupuk yang langka, informasi itu tidak benar," jelas Kepala Dispertanbun Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma MSi, Kamis (2/12).

Selama ini kata Nurma, distribusi pupuk dari distributor sudah sesuai prosedur. Kemudian  pengecer, menyalurkan  sesuai jumlah yang tertuang dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

"Kalaupun ada kelangkaan, saya menduga karena kelalaian distributor dan para pengecer. Karena mereka yang berhadapan langsung dengan petani," ungkapnya.

Untuk meminimalisir praktik tersebut Dispertanbun akan investigasi lapangan. Menggandeng tim dari Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) tingkat kabupaten dan kecamatan.

"Besok kita turun. Untuk memastikan polemik soal pupuk di masyarakat," janji mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima ini.

Karena menurut dia, sesuai stok di distributor, pupuk aman. Begitu juga dengan harga. Selama ini tidak ditemukan praktik penjualan pupuk di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Jika dari hasil investigasi lapangan berbanding terbalik dengan regulasi, distributor dan pengecer akan diberikan sanksi. Mulai dari sanksi pengurangan jatah pupuk periode yang akan datang, hingga izin operasional dapat dibekukan.

"Tindakan itu merugikan petani. Tidak boleh dibiarkan," tegasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda