Akhir Juli Hingga Agustus Suhu di Bima dan Dompu Dingin - Bima News

Senin, 05 Juli 2021

Akhir Juli Hingga Agustus Suhu di Bima dan Dompu Dingin

Aphelion
Ilustrasi Google
 

BimaNewws.id, BIMA-Fenomen Aphelion akan terjadi  pada Selasa, tanggal 6 Juli 2021. Dimana bumi berada di titik terjauh dari matahari.

‘’Saat bumi mengitari matahari, ada pergerakan semu dari utara ke selatan,  sehingga posisi bumi berada di titik utara terjauh,’’ jelas Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Bima, Topan Primadi pada media ini, Senin (5/7)/

Fenomena ini jelas Topan, masuk kategori biasa, karena ada gerak semu dari bumi saat mengitari matahari. Dampaknya, tidak ada.

Ketika bumi berada pada titik terjauh dengan matahari, maka radiasi matahari tidak terlalu terik atau menyengat  dan tidak terlalu panas.

‘’Kaitannya dengan kita  di Bima tidak terlalu signifikan. Hanya saja, pada fase akhir Juli hingga Agustus,  suhu agak dingin,’’ terangnya.

Kondisi ini dipengaruhi, angin bertiup dari arah tenggara hingga selatan. Ada pengaruh musim dingin yang terjadi di sekitar Australia, terhadap kondisi suhu di wilayah Bima. Kemudian NTT, Bali hingga Jawa.

‘’Akhir Juli nanti,  ketika kita keluar pagi  sekitar jam 05.00 Wita, suhunya dingin bangat. Begitu juga malam hari, karena pengaruh musim dingin di wilayah sekitar Australia,’’ terangnya.

Kondisi ini  sebutnya merupakan periode tahunan. Suhu dingin yang terjadi juga tidak ekstrim. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda