Kota Bima Satu-Satunya Zona Merah Covid-19 di NTB - Bima News

Kamis, 10 Juni 2021

Kota Bima Satu-Satunya Zona Merah Covid-19 di NTB

Peta Covid
Peta sebaran COVID-19 di NTB  menunjukkan Kota Bima satu-satunya daerah yang berzona merah 
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Status terakhir disampaikan Tim Gugus Tugas Covid -19 NTB, Kota Bima satu satunya yang masuk zona merah Covid-19.  Karena ada tren peningkatan kasus. Tercatat masih 14 kasus positif  dengan total 40 orang meninggal.

Kontak erat dengan antara mereka yang positif tercatat 9.366 orang dengan kasus suspect 350 orang.

Kabar baiknya, dari total 17 kasus positif baru seluruh NTB, Kota Bima tidak ada penambahan.

Sementara itu, update hasil uji laboratorium, sebanyak 406 sampel. Hasilnya,  382 sampel negatif, 7  positif ulangan, dan 17 sampel kasus baru positif Covid-19.

Kondisi Kota Bima ini, jauh beda dengan daerah tetangga Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang sudah lama menjadi zona kuning.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima H Azhari yang diminta komentar soal zona merah tersebut mengakuinya.

“Perubahan zona untuk Kota Bima itu karena bukan penambahan kasus positif atau kematian, tapi karena data awal penderita yang dirawat oleh RS tidak diinput di aplikasi all record,” katanya, Kamis  (10/6).

Jika melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Kota Bima, data dan jumlah kasusnya masih stabil. Jumlah yang disebut dalam update Pemerintah Provinsi NTB tersebut merupakan  kasus lama dan sudah terbaca oleh pemerintah pusat.

“Jadi jumlah itu bukan kasus yang sekarang. Kemarin saja kita rilis pasien yang positif sudah sembuh 7 orang,” terangnya.

Azhari menambahkan, kasus di all record dan manual masih ada selisih 400 lebih yang akan diperbaiki dengan pemerintah provinsi. Sementara masih ada sisa sedikit 6 kasus yang belum terinput untuk konfirmasi.

“Untuk kasus kematian juga masih selisih 6 pada all record. Ada selisih antara data manual dengan di all record,’’ tandasnya. (tin)

 

 

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda