Pembuatan KTP-el di Kota Bima Didominasi Perubahan Status - Bima News

Sabtu, 22 Mei 2021

Pembuatan KTP-el di Kota Bima Didominasi Perubahan Status

Hj Maryamah
Hj Maryamah
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Sebagian besar permintaan pencetakan KTP-el di Kota Bima didominasi perubahan status. Seperti, perubahan dari masa lajang ke menikah, pekerjaan maupun status cerai nikah.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima, Hj Maryamah SH, Kamis (20/5). Sementara permintaan pencetakan baru karena rusak seperti,  patah, luntur menurut dia, tidak begitu banyak.

"Biasanya KTP-el tidak cepat luntur. Makanya, jarang yang minta cetak ulang," jelasnya.

Sementara stok blanko KTP-el hingga 20 Mei kata dia, sebanyak 2.851 lembar. Jumlah tersebut diklaim hanya untuk memenuhi kebutuhan hingga bulan ke depan. Hitungan itu berdasarkan jumlah warga yang membuat KTP-el per hari.

"Biasanya, jumlah warga yang membuat KTP-el bisa 120 hingga 150 per hari," sebut alumni Unram ini.

Kendati begitu, Maryamah berharap, supaya warga tidak khawatir kehabisan stok blanko di Disdukcapil. "Kalau mau habis, kita tinggal minta ke Disdukcapil Provinsi. Itu sudah biasa kita lakukan," jelasnya

Ditanya mengenai lonjakan pembuatan KTP-el bagi siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kata dia, tidak begitu banyak. Bahkan untuk menarik minat para siswa, pihaknya sudah menerapkan pola jemput bola. Mendatangi siswa di tiap-tiap kelurahan untuk perekaman.

"Bahkan yang umur 16 tahun pun kami lakukan perekaman. Setelah masuk usia 17 tahun baru KTP-el  kita cetak," pungkasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda