Siklon Badai Seroja Terjadi Peningkatan Kecepatan Angin, Tinggi Gelombang Sampai 6 Meter - Bima News

Rabu, 07 April 2021

Siklon Badai Seroja Terjadi Peningkatan Kecepatan Angin, Tinggi Gelombang Sampai 6 Meter

Siklon Tropis
Gambaran gelombang tinggi di perairan selatan NTB akibat Siklon Tropis Seroja
 


BimaNews.id,BIMA-Cuaca saat ini terpantau Siklon Tropis Seroja dengan tek
anan 995 hPa berada di Samudera Hindia. Sebelah selatan NTB, bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 6 knots (10 km per jam).

Akibatnya, tinggi gelombang di perairan selatan Bima meningkat, mulai 2 hingga 6 meter.

Kepala BMKG Bima, Satria Topan Primadi menjelaskan, intensitas Siklon Tropis Seroja diperkirakan menguat dalam 24 jam ke depan. Arah geraknya menjauhi wilayah Indonesia.

Hal ini kata Topan, berdampak secara tidak langsung terhadap wilayah NTB, khususnya Bima dan Dompu. Karena dampak dari Siklon Tropis Seroja ini, terbentuknya pola gangguan cuaca. Seperti daerah belokan angin (Shearline) yang menyebabkan terkumpulnya massa udara basah.

Kemudian mendukung pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Bima-Dompu. Dengan peningkatan kecepatan angin yang menyebabkan potensi gelombang tinggi lebih dari 2 meter  di perairan selatan Bima Dompu dan Samudera Hindia selatan NTB.

Peningkatan curah hujan dan gelombang tinggi jelas Topan, akan mempengaruhi dinamika pesisir pantai. Berpotensi terjadi banjir Rob.

"Bukan gelombang tsunami seperti yang sedang simpang siur dan meresahkan masyarakat saat ini, " tegasnya.

Banjir Rob sendiri, merupakan fenomena naiknya permukaan air laut ke daratan. Menyebabkan daerah di sekitar tergenang atau mengalami banjir 

Diimbau pihak pelabuhan Sape, pelabuhan Bima, pelabuhan Sumbawa serta nelayan yang beraktivitas di perairan selatan, untuk waspada dan berhati-hati. Karena ada potensi gelombang tinggi dan bencana Hidrometeorologi. tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda