Atasi Krisis Air Dihadapi Warga, BPBD Kerjasama dengan BNI dan Bank NTB - Bima News

Jumat, 26 Maret 2021

Atasi Krisis Air Dihadapi Warga, BPBD Kerjasama dengan BNI dan Bank NTB

Hj Siti Jaenab
Hj Siti Jaenab
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Krisis air bersih dihadapi warga di beberapa kelurahan di Kota Bima menjadi tantangan bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Karena tidak hanya terjadi pada musim kemarau, tapi juga musim hujan.

Saat ini, kesulitan air bersih itu melanda beberapa  kelurahan di wilayah pesisir. Seperti Kelurahan Tanjung, Paruga, Dara, Melalyu, Sarae dan Ule.

‘’Wilayah yang terdampak krisis air tahun ini meluas dibanding tahun sebelumnya,’’ ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bima, Ir Hj Siti Jaenab, Kamis (25/3).

Penyebabnya kata Hj Jaenab, akibat kurangnya serapan air hujan pada permukaan tanah. Ditambah lagi, setiap rumah warga menggunakan sumur bor.

"Data dari BMKG menyebutkan, kemarau  tahun ini lebih panjang. Ini jelas membuat krisis air  semakin parah,’’ katanya.

Menghadapi kondisi itu, BPBD katanya menggandeng  BNI Cabang Bima. Mereka telah menyerahkan 12 tandon air untuk didistribusikan ke wilayah yang  terdampak.

"Dengan Bank NTB, menyediakan mobil tangki untuk membantu mendistribusikan air ke warga," sebutnya.

Bantuan lain dari komunitas Kataho Dana Rasa. Saat ini sedang mengebor sumur air. Meski kecil, namun itu sangat membantu memenuhi kebutuhan air warga.

Tak hanya itu, Hj Jaenab  akan mengedukasi masyarakat, memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air. Konsepnya, setiap rumah warga dibuat  talang air, agar bisa menampung air saat hujan turun.

"Dengan cara itu, kebutuhan air bersih bisa dicukupi saat krisis seperti sekrang. Air hujan itu bersih, tinggal digunakan sesuai kebutuhan," katanya. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda