Banjir Pada Dua Desa Di Kecamatan Monta, Hanyutkan Sejumlah Ternak - Bima News

Selasa, 05 Maret 2024

Banjir Pada Dua Desa Di Kecamatan Monta, Hanyutkan Sejumlah Ternak

Banjir
Banjir yang melanda salah satu desa di Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Selasa (5/3)  
 

bimanews.id-Dua Desa di Kecamatan Monta, Kabupaten Bima diterjang banjir bandang pada Selasa sore (5/3). Selain merendam puluhan rumah, juga menghanyutkan sejumlah ternak, pupuk, gabah milik warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, M. Nurul Huda mengatakan, banjir disebabkan hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Monta menyebabkan banjir di Desa Tolo Uwi dan Desa Tolotangga.  Banjir yang terjadi sekitar pukul 15.30 itu merendam lahan pertanian dan rumah warga. Sejumlah hewan peliharaan warga juga ikut terseret arus banjir.

“Di Desa Tolo Uwi ada 12 rumah terendam banjir setinggi paha orang dewasa,” kata Nurul Huda, Selasa malam (5/3).

Banjir terparah terjadi di Dusun Oi Lanco Desa Tolo Uwi. Sejumlah warga mengalami 2kerugian akibat besarnya banjir. Seperti satu ekor sapi milik Ningsih, hanyut terseret arus. Rumah milik Amirudin terdapat springbed, kulkas dan TV terendam air.

Kemudian beberapa ekor ayam dan 3 ekor kambing milik Husni Abas hilang terbawa arus banjir. Selanjutnya, Abdarah mengalami kerugian 4 ekor ayam dan 1 unit kompor gas. Di rumah milik Imo terdapat 4 sak pupuk dan 5 karung gabah dibawa banjir.

Sementara di Dusun Nggaro Desa Tolo Uwi, 2 petak sawah tanaman padi siap panen rusak diterjang banjir,” kata Nurul Huda.

Banjir di Desa Tolotangga kata dia, merendam wilayah permukiman di bantaran sungai dan lahan pertanian. Banjir setinggi paha orang dewasa itu mengakibatkan 5 rumah terendam, lima kepala keluarga terdampak.

“Tidak ada korban jiwa dan pengungsian akibat banjir tersebut. Sekarang warga sudah mulai membersihkan rumah mereka,” pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda