IAI Muhammadiyah Bima Siapkan 6 Program Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru - Bima News

Senin, 07 Februari 2022

IAI Muhammadiyah Bima Siapkan 6 Program Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

IAIM
Kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima jalan Anggrek, Kelurahan Na'e, Kota Bima 
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023. Dimulai tanggal  1 Ferbuari hingga 1 September 2022 mendatang.

Perguruan tinggi swasta dengan julukan kampus unggul, Islami dan mencerahkan ini memiliki 6 Program Studi (Prodi) jenjang sarjana. Yakni, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Iptidaiyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Ekonomi Syari'ah dan Hukum Keluarga.

‘’Enam Prodi ini sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),’’ sebut Rektor IAIM Bima, Hendra MSi, Minggu (6/2).

Didukung oleh tenaga pengajar (dosen) dengan kualifikasi S3 sebanyak 10 orang. Kemudian puluhan dosen berstatus magister, alumni dari kampus ternama di tanah air.

‘’Sejak dibuka hingga Minggu (6/2) sudah puluhan mahasiswa baru yang mendaftar. Belum banyak, karena baru sepekan dibuka," ujarnya.

Mengacu pada pengalaman tahun 2021 lalu, jumlah pendaftar mulai meningkat pasca siswa SMA melaksanan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Sekitar April dan Mei mendatang.

"Tahun lalu jumlah pendaftar di IAIM Bima 400 orang. Semoga 2022 jumlah peminat di kampus kami meningkat," harapnya.

Selain fasilitas dan SDM tenaga pengajar yang mumpuni, IAIM Bima juga menyediakan eman program beasiswa untuk mahasiswa. Yakni, beasiswa Tahfidz Qur'an, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Perserikatan Muhammadiyah, Prestasi dan Miskin serta Bank Syari'ah Indonesia (BSI) Cabang Bima.

"Untuk dua orang mahasiswa sekandung, salah seorang akan diberikan keringan membayar biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)," beber ayah tiga anak asal Desa Kananga, Kecamatan Bolo ini.

Hal senada sampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Ihlas. Kapasitas kampus IAIM Bima mampu menampung lebih dari seribu mahasiswa baru.

Untuk mendorong minat warga menempuh pendidikan di IAIM Bima, pihaknya rutin sosialisasi dengan pola jemput bola. Menyisir SMA, SMK dan MA di daerah prioritas, seperti Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, termasuk wilayah Sumba, Provinsi NTT.

"Alhamdulillah respon mereka cukup baik," beber pria berdarah Donggo ini.

Melanjutkan pendidikan di IAIM Bima kata dia merupakan pilihan terbaik. Ia mengajak masyarakat untuk mendaftar di kampus IAIM Bima, jika ingin berprestasi dan kelak menjadi alumni yang berdaya saing. Klaim itu sudah banyak terbukti.

Sejumlah mahasiswa IAIM Bima menjadi juara pada beberapa kompetisi. Mulai dari tingkat Kota Bima, hingga internasional.

"Alumni IAIM Bima banyak yang lulus PNS maupun yang bekerja di perusahaan swasta," pungkas ayah satu anak ini.  (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda