Pemkab Dompu Dorong Literasi Berkarakter, Tetapkan Indikator Capaian Pendidikan Agama - Bima News

Jumat, 28 Mei 2021

Pemkab Dompu Dorong Literasi Berkarakter, Tetapkan Indikator Capaian Pendidikan Agama

Pengukuhan
Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Drs H Gaziamansyuri MAP  mengukuhkan organisasi Remaja Mesjid (RM) Baiturahman Dompu.

 BimaNews.id, DOMPU-Pemerintah Kabupaten Dompu menaruh harapan yang besar pada mejelis taklim, untuk  mewujudkan masyarakat yang beriman dan beramal sholeh. Termasuk, mendorong sekolah-sekolah untuk menerapkan literasi berkarakter dan menetapkan indikator capaian pendidikan keagamaan.

Harapan itu disampaikan Asisten Administrasi Umum (Asdum) Setda Dompu, Drs H Gaziamansyuri MAP, saat memberikan sambutan di acara pengukuhan organisasi Remaja Mesjid (RM) Baiturahman Dompu, Rabu Malam (26/05). Pengukuhan yang digelar di Masjid Raya Baiturahim Dompu dihadiri, pengurus Masjid setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh oemuda dan para jamaah masjid.

Asdum Setda yang akrab disapa H Gazi ini mengapresiasi langkah Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) dan Remaja Mesjid (RM) mendorong serta menghidupkan majelis-majelis taklim di Kabupaten Dompu. Selain dari segi keagamaan, RM juga diharapkan bisa bersinergi untuk mewujudkan Dompu yang bersih, hijau dan sehat.

"Membangun Dompu butuh kebersamaan yang kuat seluruh elemen masyarakat. Termasuk peran remaja masjid, sangat diharapkan," harap H Gazi.

RM  juga didorobg untuk menerapkan literasi berkarakter pada anak-anak. Supaya anak-anak benar-benar menguasai pemahaman agama sesuai tingkatan.

"Misalnya, anak kelas 3 SD, mereka harus sudah bisa melaksanakan salat 5 waktu. Kemudian, tamat SD sudah menguasai zuz ama dan tamat SMP sudah khatam Al-Quran," ucapnya.

Pada momen itu, H Gazi memperkenalkan Program Jarapasaka (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) sebagai program unggulan daerah Kabupaten Dompu. Dengan program Jarapasaka ini, pemerintah ingin mewujudkan Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

"Dukungan semua pihak tentu sangat dibutuhkan pemerintah untuk mewujudkan program ini," pungkasnya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda