Inovasi Baru SMAN 4 Kota Bima, Bikin Perpustakaan Digital - Bima News

Kamis, 04 Maret 2021

Inovasi Baru SMAN 4 Kota Bima, Bikin Perpustakaan Digital

Perpustakaan
SMAN 4 Kota Bima gandeng Erlangga menggelar workshop virtual perpustakaan
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-SMAN 4 Kota Bima terus melakukan gebrakan di tengah pandemi. Selain MoU dengan beberapa sekolah dan lembaga, kini sekolah di bawah kepemimpinan Siti Maryatun SPd MM ini tengah merancang perpustakaan digital.

Untuk mewujudkan wacana tersebut, Rabu (3/3), SMAN 4 Kota Bima menggelar workshop virtual perpustakaan digital dengan menggandeng Erlangga. Kegiatan itu dihadiri dua narasumber, Sholihin dan Herdin perwakilan Erlangga Bima, serta Herdian perwakilan dari Erlangga pusat. Kegiatan juga diikuti puluhan siswa dan guru selaku pengelola perpustakaan.

Kepala SMAN 4 Kota Bima Siti Maryatun SPd MM mengatakan, selain pelatihan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi perpustakaan digital. Erlangga menyambut baik kegiatan ini, sehingga memberikan ilmu secara gratis pada SMAN 4.

"Kita  merasa bangga karena, SMAN 4 merupakan sekolah pertama melaksanakan workshop yang difasilitasi  Erlangga," aku Siti Maryatun pada Radar Tambora.

Perpustakaan digital ini menurut dia, merupakan inovasi SMAN 4 untuk menarik minat baca siswa maupun warga sekolah. Mereka tidak perlu lagi datang ke sekolah atau meminjam buku secara manual. Tetapi  bisa dilakukan dengan aplikasi digital yang diakses melalui android.

"Model aplikasinya masih kami siapkan bersama tim.  Workshop sekarang baru tahapan persiapan sekaligus pelatihan bagi pengelola perpustakaan," katanya.

Perpustakaan digital kata dia, salah satu yang dicanangkan sekolah untuk menarik minat baca siswa. Apalagi di tengah pandemi saat ini, para siswa tidak bisa ke sekolah karena belajar dari rumah.

"Sekarang bagaimana kita menciptakan minat baca siswa tanpa harus ke perpustakaan. Perpustakaan juga bukan hanya sekadar dijadikan gudang buku, tapi harus bisa menjadi wadah buat anak berliterasi mencari informasi yang dibutuhkan," jelasnya.

Dengan digelarnya workshop perpustakaan berbasis informasi ini, Siti Maryatun berharap digitalisasi perpustakaan mulai dikembangkan. Sekolah harus mampu bersaing dan berbenah memperbaiki pelayanan perpustakaan di era digitalisasi . Dengan harapan, budaya literasi SMAN 4 dapat diwujudkan.

"SMAN 4  juga mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari Dina Perpustakaan Kota Bima.  Sekarang kami sedang menyiapkan MoU dengan dina setempat," tuturnya.

Herdian, narasumber perwakilan Erlangga pusat menyampaikan beberapa poin penting dan manfaat dari perpustakaan digital. Diantaranya, mendukung peningkatan mutu pembelajaran sekolah, program merdeka belajar. Baik pembelajaran berbasis teknologi, sekolah penggerak, pembelajaran paradigma baru hingga menunjang akreditasi sekolah maupun perpustakaan.

Manfaat lain kata dia, perpustakaan digital dapat meningkatkan peran perpustakaan dalam mensukseskan KBM sekolah. Kemudian, meningkatkan antusias siswa dalam program gemar baca dan menarik minat siswa dalam meminjam buku di perpustakaan.

"Perpustakaan digital ini adalah inovasi baru agar siswa tertarik dengan buku, gemar membaca dalam mewujudkan budaya literasi," pungkasnya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda