ODP Covid-19 di Kabupaten Bima Terus Bertambah - Bima News

Sabtu, 21 Maret 2020

ODP Covid-19 di Kabupaten Bima Terus Bertambah

BIMA-Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Bima, terus bertambah. Per tanggal 21 Maret 2020, sebanyak  39 orang.

Mobilisasi atau arus perjalanan warga antardaerah danpulau, diduga menjadi penyebab terus bertambahnya angka ODP Covid-19 diKabupaten Bima.

Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima merilis, pertanggal 20 Maret 2020 angka ODP Covid-19 di Bima sebanyak 16 orang. Padahalsebelumnya angka ODP di Kabupaten Bima 0 orang, dibandingkan Kota Bima yangsudah merilis ODP sebanyak 2 orang.

Sehari setelah itu, per tanggal 21 Maret 2020, angka ODP Covid-19 bertambah menjadi 39 orang. Angka ini terus diperbaharui setiap hari, sesuai dari hasil trafick dan screaning pada warga yang baru saja melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19.

Kabid P2P Kabupaten Bima, M Rifai yang dikonfirmasimengatakan, angka ODP Covid-19 diperoleh dari pendataan Puskesmas di setiapdesa terhadap TKI yang pulang kampung.

Termasuk sebut dia, adanya warga yang pulang dari wilayahJakarta, Bali, Jogjakarta dan sejumlah daerah di Pulau Jawa lainnya. “Sehinggaangka-angka ODP Covid-19 ini terus bertambah. Pendataan terus dilakukan pihakpuskesmas, sebagai upaya pencegahan,” katanya.

Sebelumnya, Gugus Pencegahan Covid-19 Provinsi NTB sempatmerilis angka 77 ODP Cpvid-19 di Kabupaten Bima pada tanggal 20 Maret lalu.Namun data itu kemudian diralat menjadi 16 orang.

“Angka ODP, PDP dan lainnya bersifat fluktuatif.Tergantung dari perkembangan di lapangan,” ujar Rifai. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda