8.093 KK di Kota Bima Masuk Kategori Miskin Ekstrim - Bima News

Selasa, 14 Februari 2023

8.093 KK di Kota Bima Masuk Kategori Miskin Ekstrim

Mulyadi
Mulyadi
 

bimanews.id, Kota Bima-Data pada Dinas Sosial, jumlah warga miskin di Kota Bima masih cukup tinggi. Saat ini tercatat sebanyak 8.093 Kepala Keluarga (KK) masuk kategori miskin ekstrim.

 

Pejabat fungsional atau Kasi Pekerja Sosial pada Dinas Sosial Kota Bima, Mulyadi mengatakan, angka kemiskinan  tertinggi di Kecamatan Asakota. Terutama warga di daerah pesisir.

 

‘’Sekitar 2.721 KK dari enam kelurahan di Kecamatan Asakota masuk kategori  miskin ekstrim. Yakni, Kelurahan Jatibaru sebanyak  644 KK, Jatibaru Timur 416 KK, Jatiwangi 382 KK, Kolo 714 KK, Melayu 205 KK dan Ule 360 KK,’’ sebutnya, Senin (13/2).

 

Tingginya angka kemiskinan di Kecamatan Asakota dipengaruhi tingkat pendidikan masyarakat  yang rendah. Berbeda dengan empat kecamatan lain di Kota Bima.

 

Angka kemiskinan tertinggi kedua di Kecamatan Raba, dengan jumlah KK miskin sebanyak 1.989, tersebar pada 11 kelurahan.  Posisi ketiga Kecamatan Mpuda dengan jumlah 1.489 KK, tersebar pada 10 Kelurahan. Selanjutnya, Kecamatan Rasana'e Timur sebanyak 1.990 KK, tersebar pada kelurahan.

 

Jumlah warga miskin terendah di Kecamatan Rasana'e Barat,  hanya 704 KK. Itu ada pada 6 kelurahan. ‘’Tingkat pendidikan warga di Kecamatan Rasanae Barat cukup tinggi dibanding kecamatan lain,’’ banding  Mulyadi.

 

Untuk menanggulangi  masalah kemiskinan itu, Pemkot Bima meluncurkan sejumlah program. Selain Bantuan Sosial (Bansos) bersumber dari pemerintah pusat.  Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan lain-lain.

 

‘’Tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan warga kesulitan mendapatkan pekerjaan,  sehingga berdampak terhadap penghasilan untuk menunjang kebutuhan hidup,’’ tutupnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda