Gadis 17 Tahun, Calon TKW Asal Dompu Kabur dari Tempat Penampungan di Riau - Bima News

Rabu, 18 Januari 2023

Gadis 17 Tahun, Calon TKW Asal Dompu Kabur dari Tempat Penampungan di Riau

TKW
Ilustrasi
 

bimanews.id, Dompu-Calon TKW asal Dompu kabur dari tempat penampungan di Kepulauan Riau. Remaja 17 tahun asal Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu ini kabur karena dipaksa pihak sponsor untuk bekerja di Malaysia, padahal penjanjian sebelumnya dikirim ke Arab Saudi.

Kabag Prokompim Setda Dompu Ardiansyah mengatakan, remaja berinisial PT saat ini telah diamankan oleh Pemda dan Polres Bengkalis Kepulauan Riau.  Kabar tentang korban kabur dari penanpung sempat beredar di WhatsApp Group lewat pesan yang diteruskan salah satu anggota grup.

Korban awalnya  kata Ardiansyah berangkat ke Kepulauan Riau awal Januari 2023, dengan tujuan menjadi TKW di Arab Saudi. Beberapa hari berada di rumah penampungan di Riau, pihak sponsor mengubah perjanjian kerja sama dengan korban. Dari sebelumnya tujuan Arab Saudi, diubah ke Malaysia.

‘’Korban rencananya dikirim melalui jalur laut di Batam. Tidak terima, korban kabur,’’ terangnya saat dihubungi, Selasa malam (17/1).

Sebelum diamankan polisi, korban sempat diamankan di rumah Ketua RT daerah Bengkalis. Korban menginap di rumah tersebut bahkan diberi makan.

Untuk keberadaan korban sekarang diakui, sudah aman. Korban sudah ditangani Dinas Sosial dan Dinas Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis maupun Polres setempat.

“Pemda melalui Dinas P3A Dompu sudah komunikasi dengan pejabat Dinsos Bengkalis terkait keberadaan korban,”  sebutnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Dompu, Syamsul Ma'arif juga menyampaikan hal senada. Dia mengaku, menerima laporan dari pihak keluarga perihal kondisi korban pada Senin (16/1).

"Korban saat ini di bawah pengamanan Polres Bengkalis," ujarnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda