Dorong Iklim Riset dan Inovasi, Pemerintah Kota Bima Bima Bentuk OPD Brida - Bima News

Rabu, 18 Januari 2023

Dorong Iklim Riset dan Inovasi, Pemerintah Kota Bima Bima Bentuk OPD Brida

Ady
Ady Aqwam
 

bimanews.di, Kota Bima-Pemerintah Kota Bima membentuk satu OPD baru yakni, Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). Pembentukan organisasi pemerintah ini didasari dengan hadirnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Plt Kepala Brida Kota Bima Adi Aqwam mengatakan, pembentukan OPD ini untuk menyelesaikan masalah yang muncul di pemerintahan, sosial dan ekonomi. Dengan terbentuknya Brida akan mendorong iklim inovasi dan riset di daerah.

"Melalui riset kita dapat mencari solusi terhadap setiap masalah yang dihadapi," ujarnya pada media ini,  Selasa (17/1).

OPD Brida jelasnya, akan mengakomodir semua hasil penelitian dari seluruh perguruan tinggi di Kota Bima. Karena kampus merupakan gudang ilmu yang menghasilkan banyak riset.

Riset tersebut dirangkum menjadi sebuah data, sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan. Sebab sebuah kebijakan akan sangat bagus bila berdasarkan hasil riset.

"Jadi kebijakan yang diambil kepala daerah ke depan berdasarkan hasil penelitian yang berbasis data," tutur mantan Sekretaris Bapeda Kota Bima ini saat ditemui di ruang kerjanya.

Riset ini juga akan menghasilkan sebuah inovasi untuk memajukan daerah, baik di bidang, sosial, ekonomi hingga pelayan publik pemerintah. Inovasi ini lanjutnya, akan dibahas dan dimatangkan oleh Brida.

"Beragam masalah yang muncul nanti akan dibahas. Kemudian dicarikan solusi dengan berbagai inovasi baru," gambarnya.

Misalahnya dalam masalah pelayanan publik. Warga mengeluhkan  soal pelayanan publik dengan sistem birokrasi yang terlalu panjang. Hal tersebut akan dipangkas dengan berbagai inovasi yang muncul. Sehingga pelayanan terhadap warga lebih cepat.

"Ini merupakan tujuan Brida hadir, mencari solusi melalui inovasi," akunya.

Untuk mendukung hal tersebut lanjutnya, seluruh elemen akan didorong untuk membuat riset serta inovasi. Melalui berbagai program yang disiapkan, diantaranya melalui event inovasi dan riset. Dengan harapan iklim riset dan inovasi ini bisa terus berkembang di Kota Bima. (nk)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda