Bawaslu Kota Bima Ajak Media Massa Awasi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 - Bima News

Selasa, 18 Oktober 2022

Bawaslu Kota Bima Ajak Media Massa Awasi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

Bawaslu
Kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipasi bersama media massa yang dilaksanakan Bawaslu Kota Bima di aula kantor Bawaslu setempat, Selasa (18/10)
 

bimanews.id, Kota Bima-Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 sudah ditetapkan. Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024 sedangkan Pemilihan Serentak pada 27 November 2024.

Pemilu dan Pemilihan dilaksanakan oleh  tiga penyelenggara sesuai UU No. 7 Tahun 2017. Yakni, KPU sebagai penyelenggara teknis, Bawaslu sebagai pengawas dan DKPP untuk menegakan kode etik penyelenggara pemilu.

‘’Ketiga lembaga ini merupakan satu kesatuan fungsi dalam penyelenggaraan Pemilu,’’ jelas Ketua Devisi Penanganan dan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kota Bima, Asrul Sani  pada kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bersama media massa, Selasa (18/10).

Bawaslu  jelas mantan wartawan ini tugasnya, mengawasi seluruh tahapan proses penyelenggaraan Pemilu. Menyadari tugas tersebut,  Bawaslu Kota Bima mengharapkan dukungan semua stakeholder, termasuk media massa, ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu.

‘’Sosialisasi kepada media massa ini sebagai upaya Bawaslu Kota Bima untuk menyamakan visi dan misi dalam mengawasi Pemilu. Sehingga terlaksana Pemilu yang jujur, adil dan demokratis,’’ harapnya.

Apalagi diakui, jumlah personil penyelenggara Pemilu terbatas. Praktis tidak maksimal dalam mengawasi dan mengontrol seluruh tahapan Pemilu.

Karena tugas utama Bawaslu melakukan upaya pencegahan. Sehingga terus mendorong partisipasi masyarakat dengan melibatakan stakeholder, ormas, OKP, media massa dan lain-lain.

Termasuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui sosialiasi maupun upaya lain. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar melalui pemberitaan media massa, bukan hoaks.

‘’Ini kenapa Bawaslu mengajak media bersama-sama mengawasi seluruh tahapan Pemilu,’’ ajaknya.

Pemilu jelasnya merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.  Rakyat memiliki kedaulatan untuk menentukan kepemimpinan nasional maupun daerah melalui Pemilu dan pemilihan.

‘’Keterlibatan semua komponen masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu, sehingga terwujud Pemilu yang demokratis dan berintegritas,’’ terangnya. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda