Buka STQ Kecamatan Sape, Bupati Singgung Kasus Pemanah Resahkan Warga - Bima News

Sabtu, 10 September 2022

Buka STQ Kecamatan Sape, Bupati Singgung Kasus Pemanah Resahkan Warga

IDP
Hj. Indah Dhamayanti Putri
 

bimanews.id, Bima-Seleksi Tilawah Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan,Sape dimulai, Jum’at malam (9/9).  STQ yang berlangsung di aula Kantor Camat Sape itu dibuka Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri.

Pelaksanaan STQ diawali dengan pawai ta’ruf yang dikuti seluruh kafilah dari seluruh desa di wilayah setempat dipandu Marching Band SMAN  1 Sape.

Di hadapan Camat Sape, Muh. Akbar, pimpinan OPD, Camat Lambu, Lambitu dan tamu undangan lain, Bupati Bima menyinggung tentang kasus pemanahan yang meresahkan. Pelakunya masih remaja dan pemuda.

Kondisi ini kata Dae Dinda harus menjadi perhatian bersama. Terutama orang tua, tenaga pendidik dan keluarga, agar terus mngingatkan generasi untuk melibatkan diri dalam kegiatan positif.

‘’Peran orang tua, terutama ibu sangat penting dalam membentuk pribadi generasi. Supaya mereka tidak terjerumus pada perbuatan yang melanggar hukum ,’’ imbuhnya.

STQ katanya, merupakan salah satu sarana bagi generasi untuk mengembangkan bakat dan minat. Sehingga tidak lagi terpengaruh pada pergaulan bebas yang justru merusak masa depan mereka.

Apalagi kata dia, Kecamatan Sape kerapa keluar sebagai juara umum pada STQ tingkat Kabupaten Bima. Prestasi ini bukan kebetulan, tetapi melalui pembinaan yang sistematis mulai dari usia dini hingga tingkat dewasa.

‘’Ini yang harus tersu didorong. Bagaimana generasi muda di Sape diarahkan dan dibina menjadi qori dan qoriah,’’ arahnya.

Kepada dewan hakim diharapkan, benar-benar memberikan penilaian secara objektif. "Penilaian yang objektif akan menambah kepercayaan diri qori dan qoriah untuk meraih prestasi secara sehat,’’ tandasnya.

Ketua Panitia STQ Kecamatan Sape, Subhan H. Ismail menyampaikan, STQ ditujukan untuk tumbuhnya nilai-nilai Al-Qur'an  pada setiap jiwa. Terutama bagi generasi Islam, untuk kebahagiaan dan keselamatan hidup.

"STQ akan berlangsung selama enam hari, mulai Jumat tanggal 9 September hingga Rabu  tanggal 14 September. Jumlah peserta 199 orang dengan dua mata lomba, yakni tilawah  dan tahfiz.

Pembukaan STQ ditandai dengan  penekanan tombol sirine oleh Bupati Bima didampingi Camat Sape dan Ketua Panitia. Dilanjutkan penyerahan 600 eksemplar Al-Quran kepada sejumlah kepala desa.

Al-Qur'an tersebut merupakan sumbangan masyarakat Sape melalui Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Munawwarah Kecamatan Sape. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda