Bawaslu Kabupaten Bima akan Rekrut 54 Anggota Panwascam - Bima News

Rabu, 14 September 2022

Bawaslu Kabupaten Bima akan Rekrut 54 Anggota Panwascam

Abdullah
Abdullah SH
 

bimanews.id, Bima-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima akan membentuk lembaga Ad hoc dengan merekrut anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Di Kabupaten Bima ada 18 Kecamatan, masing-masing akan diisi 3 orang anggota Panwascam.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH menjelaskan, dalam waktu dekat akan merekrut 54 orang anggota Panwaslu Kecamatan melalui seleksi.

"Saat ini Bawaslu melalui Divisi SDM dan Organisasi sedang memproses perekrutan ini yang diawali dengan sosialisasi dan pengumuman pendaftaran," jelas Ebit, sapaan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima.

Pengumuman pendaftaran Panwascam dimulai tanggal 15 sampai tanggal 21 September.  Untuk pendaftaran dan penerimaan berkas, lanjutnya, akan dibuka mulai tanggal 21 sampai 27 September.

"Waktu pendaftaran hanya sepekan. Nah, bagi yang berminat jadi calon anggota Panwascam dari sekarang segera mengurus persyaratan administrasinya," harapnya.

Perekrutan Panwascam kali ini, sedikit beda dengan model proses yang dilakukan sebelum-sebelumnya.  Perbedaan yang menonjol, terkait hasil tes tertulis melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) akan langsung menetapkan 6 orang untuk selanjutnya dilakukan wawancara.

"Sumber soal berikut server-nya berasal dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi. Dan untuk enam nama yang akan diwawancara kami di Kabupaten akan menerima dari Provinsi atau Bawaslu RI," tuturnya.

Dia berharap, calon peserta serius belajar terkait dengan pemahaman kepemiluan dan ketatanegaraan.  Karena tes tertulis inilah yang bisa mengantarkan seseorang untuk melaju ke proses selanjutnya.

"Belajar serius agar bisa menyelesaikan tes tertulis," pintanya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda