Kasus PMK di Bima Melandai, Tersisa 199 Ekor Sapi Positif - Bima News

Monday, 15 August 2022

Kasus PMK di Bima Melandai, Tersisa 199 Ekor Sapi Positif

Sapi
Ilustrasi
 

bimanews.id, Bima-Penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bima mulai melandai.  Hingga Senin (25/8) tercatat sekitar 199 ekor sapi masih positif.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Abdul Manan mengaku, sejak ditemukan virus PMK di Bima,  hingga Ahad (14/8) tercatat 969 ekor sapi yang terkangkit. Dari jumlah itu, 769 ekor dinyatakan.

 

‘’Dari jumlah itu, tersisa 199 ekor yang masih positif,’’ sebutnya dihubungi, Senin (15/8).

 

Saat ini kata dia, penyebaran virus PMK  mulai melandai. Kendati demikian, pihaknya tetap lakukan pengawasan dan upaya pencegahan.

 

Untuk stok vaksin diakui, masih terbatas, meski telah menerima kiriman obat dan vaksin dari Dinas Peternakan Provinsi NTB.

 

Kepala UPT Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kecamatan Bolo, Herman SPt mengaku, mereka terus turun memantau perkembangan kasus PMK di lapangan. Saat dihubungi, Herman mengaku masih berada di gunung.

 

‘’Kita membagi tim, sebagian ke gunung memantau ternak yang dilepas, sebagian memantau ternak yang ada di kadang milik warga,’’ sebutnya.

 

Dia mengaku bersyukur, peternak sangat peduli dengan munculnya kasus PMK ini. Mereka membantu petugas memberikan vaksin maupun mengisolasi ternak yang terjangkit. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda